Share

Konon, di dunia ini hanya daging sapi Wagyu yang punya kualitas nomor satu, jika dibandingkan dengan daging sapi lainnya. Itulah mengapa harganya juga luar biasa mahal.

Wagyu sebenarnya berasal dari kata Wa(Jepang) dan Gyu(Sapi). Jadi makna Wagyu adalah Sapi Jepang. Memang, jenis sapi Wagyu dikembangkan dari Jepang, tepatnya di Kobe.

Mengapa daging Wagyu menjadi begitu istimewa? Sebab cita rasa dan kelembutan dagingnya sungguh tidak ada duanya. Konon bahkan sesudah selesai makan pun, kelezatan daging Wagyu masih tertinggal di lidah. Hal itu didapatkan karena sapi-sapi Wagyu mendapatkan perlakuan yang sangat istimewa untuk ukuran sapi.

Makanan yang dikonsumsi Wagyu tidak hanya rumput tapi juga jagung, barley, berbagai macam vitamin bahkan juga kalsium.

Untuk membuatnya bersih dari binatang yang hidup di kulit sapi seperti lalat dan kutu, Wagyu dimandikan dengan Sake. Minuman khas Jepang. Kadang Wagyu juga diberi minuman bir, agar ia rileks dan tidak stres.

Untuk membuat daging Wagyu empuk, peternak biasanya memijat si sapi dengan teratur untuk relaksasi. Pokoknya, sapi Wagyu tidak boleh stres dan harus selalu bahagia.

Tahu berapa harga daging Wagyu di Jepang? untuk 100 gramnya saja sekitar Rp. 300 ribu. Apalagi di negara-negara pengimpor Wagyu, pastinya lebih mahal.

 

Dari berbagai sumber.