Scroll to Top

Rutin Minum Jus Jeruk Tidak Selamanya Menyehatkan

By Ilham Choirul / Published on Monday, 16 Jan 2012

Sebuah studi menyatakan, minum jus jeruk dua porsi tiap hari dapat membuat seseorang terkena asam urat. Tidak selamanya jus ini menyehatkan. Bagi orang yang punya potensi asam urat sebaiknya kurangi konsumsi minuman ini.

minum-jus-jeruk

Dari 80 ribu wanita usia 22 tahun yang diteliti oleh peneliti dari Universitas Boston, mereka mengalami kenaikan risiko asam urat disebabkan kebiasaan minum jus jeruk lebih dari dua porsi sehari. Kira-kira, kenaikan risikonya meningkat 2,4 kali lipat. Penyebabnya adalah gula buah atau fruktosa mengumpul dan menyebabkan asam urat di dalam sendi. Kalau sudah begini rasa nyeri segera mendatangi.

Sementara itu, peneliti juga mengingatkan risiko yang sama pada konsumsi minuman buah yang dikalengkan. Rata-rata minuman seperti ini juga memiliki kandungan fruktosa cukup tinggi. Termasuk juga, hindari kelebihan minum softdrink. Minuman tersebut kaya gula yang menaikkan risiko asam urat sampai 70 persen. Pastinya, jauhkan dari pikiran Anda untuk menjadi fans minuman manis.

Kalau memang Anda ingin menghindari asam urat sejak dini, ada beberapa makanan yang bisa memicu terbentuknya senyawa purin penyebab asam urat. Hindari berlebihan mengonsumsi makanan ini. Misalnya bayam, kangkung, kol, jamur, asparagus, melinjo, daging, sarden, jeroan, kepiting, tiram, udang, dan kacang tanah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda