Scroll to Top

Kuburan “Artis” Ditemukan di Makam Raja Mesir Kuno

By Ilham Choirul / Published on Monday, 16 Jan 2012

Nehmes Bastet

Untuk pertama kalinya, arkeolog menemukan sebuah makam wanita yang sama sekali tidak punya hubungan kekerabatan dengan keluarga raja Mesir Kuno. Makam itu digali dari Lembah Para Raja yang menjadi lokasi kuburan para raja Mesir Kuno. Tempat tersebut juga jadi kuburan orang-orang berpengaruh di Mesir masa dinasti ke-18 sampai 20.

Peti yang masih utuh itu diduga milik seorang penyanyi bernama Nehmes Bastet. Keterangan yang mengarah ke arah situ didapatkan dari informasi artefak di Kuil Tarnak. Kuil ini merupakan lokasi yang ditengarai kuat sering menjadi panggung Nehmes untuk bernyayi.

Penemuan arkeolog Mesir dan Swiss ini dianggap tidak wajar. Karena, inilah makam “artis” zaman lampau yang mendapat kehormatan dikuburkan bersama tokoh-tokoh penting di zamannya. Diperkirakan usia makam tersebut mencapai 1.100 tahun.

Keterangan yang muncul di artefak juga menyebutkan, Nehmes menempati sebuah peti yang dipersiapkan untuk putri pendeta dinasti ke-22. Dan, Nehmes memakainya sudah dalam kondisi bekas setelah dipakai jenasah lain selama 400 tahun.

“Kami tidak mencari makam baru, hanya saja letaknya dekat dengan makam lain yang ditemukan 1.000 tahun lalu,” ujar  Pauline-Grothe, direktur penggalian lapangan Lembah Para Raja, seperti dikutip National Geographic.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda