Scroll to Top

Undian Grup Liga Negara UEFA: Belanda, Prancis, dan Jerman Satu Grup!

By Wan Faizal / Published on Wednesday, 24 Jan 2018

UEFA Nations League

Hasil undian grup Liga Negara UEFA 2018-2019 atau UEFA Nations League menyajikan grup maut di Liga A. Contohnya saja keberadaan Inggris dan Spanyol dalam satu grup, atau Italia dan Portugal yang nantinya akan saling duel, atau ada yang lebih menarik lagi seperti tergabungnya Belanda, Prancis, dan Jerman di Grup 1 Liga A.

Masih belum paham dengan apa itu Liga Negara UEFA?

Kompetisi ini sejatinya akan mempertemukan negara-negara (timnas senior) yang tergabung dalam Asosiasi UEFA. Ada sejumlah 55 negara termasuk Gibraltar dan Kosovo yang menjadi dua member termuda UEFA yang sudah diajak bergabung disana. Tentunya tidak mungkin akan mempertemukan 55 negara tersebut dan oleh karenanya dibuat empat divisi yakni Liga A yang berisi tim-tim dengan koefisien terbaik dan berurutan menuju Liga B, Liga C, dan terakhir Liga D.

Formatnya pun sama seperti liga-liga Eropa pada umumnya, yakni ada promosi dan degradasi. Di Liga A sendiri terdapat 12 tim yang terbagi ke dalam tiga grup, yakni Grup 1 sampai Grup 4. Klasifikasi yang sama pun juga berlaku di Liga B, Liga C, dan Liga D dan disana ada sistem promosi dan degradasi pula yang tentunya mengabaikan Liga D sebagai kasta paling bawah yang tak menganut sistem degradasi.

Lalu bagaimana cara menentukan pemenang dari liga yang terbilang unik ini?

Terdapat empat grup di Liga A yang nantinya setiap juara grup akan masuk ke babak semifinal. Sama seperti turnamen pada umumnya, nantinya tim yang kalah dalam semifinal itu akan masuk ke babak perebutan juara ketiga sementara tim pemenang akan masuk ke babak final yang rencananya akan digelar pada 9 Juni 2019 mendatang.

Sementara mengenai jadwal pertandingan, UEFA telah sepakat untuk memakai slot laga uji coba internasional untuk melangsungkan kompetisi ini. Artinya, keberadaan kompetisi ini tidak akan mengganggu jadwal resmi FIFA seperti Kualifikasi Piala Dunia. Untuk laga pertama sendiri akan digelar pada 6 September dan disusul 20 November untuk mengakhiri laga di masing-masing grup (mengingat hanya ada tiga negara dalam satu grup maka setiap grup hanya akan menggelar dua laga saja).

Penasaran dengan bagaimana pembagian grup tersebut? Berikut selengkapnya:

Liga A

Grup 1: Belanda, Prancis, Jerman

Grup 2: Islandia, Swiss, Belgia

Grup 3: Polandia, Italia, Portugal

Grup 4: Kroasia, Inggris, Spanyol

Liga B

Grup 1: Republik Ceko, Ukraina, Slovakia

Grup 2: Turki, Swedia, Rusia

Grup 3: Irlandia Utara, Bosnia & Herzegovina, Austria

Grup 4: Denmark, Republik Irlandia, Wales

Liga C

Grup 1: Israel, Albania, Skotlandia

Grup 2: Estonia, Hungaria, Yunani, Finlandia

Grup 3: Slovenia, Norwegia, Bulgaria, Siprus

Grup 4: Rumania, Serbia, Montenegro, Lithuania

Liga D

Grup 1: Georgia, Latvia, Kazakhstan, Andorra

Grup 2: Belarusia, Luksemburg, Moldova, San Marino

Grup 3: Azerbaijan, Kepulauan Faroe, Malta, Kosovo

Grup 4: Macedonia, Armenia, Liechtenstein, Gibraltar

Komentar Anda