Scroll to Top

Pakai Bahasa Jepang, Lagu Jonghyun SHINee Dilarang Tayang di KBS

By Ika / Published on Thursday, 25 Jan 2018

Jonghyun

SM Entertainnment baru saja meluncurkan album Poet | Artist milik Jonghyun SHINee, namun di antara lagu-lagu baru ciptaan Jonghyun, ada satu lagu berjudul Rewind yang terpaksa dicekal oleh KBS.

KBS melarang penayangan lagu tersebut karena sebagian lirik Rewind ternyata menggunakan bahasa Jepang. Lirik yang dimaksud adalah ‘いち に さん もう一回だけ(もう一回だけ)’ yang berarti ‘satu dua tiga, sekali lagi‘. Walau hanya mengandung sedikit lirik bahasa Jepang, KBS tak memberi toleransi dan tetap memutuskan untuk mencekal lagu tersebut.

Ini bukan pertama kalinya bagi KBS mencekal lagu-lagu dari grup maupun idol K-Pop karena pemakaian lirik berbahasa Jepang. Sebelumnya KBS juga mencekal Demo_01 milik Pentagon, Uh-ee milik Crayon Pop, dan masih banyak lagi. Namun yang paling sering terjadi adalah pencekalan dilakukan karena lirik lagunya memakai bahasa kasar, vulgar, atau menyebut sebuah merek tertentu.

Rewind merupakan salah satu lagu yang digarap sendiri oleh Jonghyun, karena itu sebagian fans merasa kecewa saat lagu ini harus dicekal dan tak boleh tayang di KBS, tapi ada juga netizen yang paham bahwa ini mungkin berkaitan dengan  sejarah Korea Selatan dan Jepang di masa lalu. Meski demikian, mereka tetap menganggap bahwa tindakan KBS adalah sesuatu yang berlebihan.

“Mereka mencekal lagu berbahasa Jepang, tapi kalau ada grup dengan member yang berasal dari Jepang, mereka menerimanya, lucu sekali,” kata netizen.

Komentar Anda