Scroll to Top

Sebaiknya Tidak Minum Teh Saat Sedang Haid, Ini Alasannya

By C Novita / Published on Friday, 26 Jan 2018

minum tehhh

Saat jelang haid dan masa siklus bulanan itu berlangsung, seorang wanita disarankan untuk tidak banyak minum teh, atau paling tidak mengurangi dosisnya.

Hal ini dikatakan berdasarkan hasil penelitian terbaru yang menyebut bahwa teh dapat memperburuk keluhan jelang dan saat haid. Mengapa bisa demikian? Laman Times of India menjelaskannya seperti berikut:

Kafein

Tidak hanya kopi, dalam teh juga ada kandungan kafein yang jumlahnya cukup tinggi yakni 26,1 mg per cangkir. Zat ini membuat tekanan darah dan detak jantung meningkat, serta meningkatkan juga kecemasan dan ketegangan. Kondisi ini pastinya bukan hal yang nyaman untuk kaum hawa yang sedang mengalami menstruasi.

Semua jenis teh, bahkan termasuk teh hijau termasuk dalam anjuran untuk ditinggalkan, utamanya adalah teh hitam sebab kafeinnya paling tinggi yakni 40 – 60 mg kafein per cangkir.

Dalam penjelasan lain, disebutkan bahwa semua teh mengandung asam tannat yang jika dikombinasikan dengan beberapa jenis makanan maka ia menghambat penyerapan zat besi dalam tubuh.

Jenis makanan itu adalah yang mengandung vitamin C dan juga zat besi.

Jadi disimpulkan apabila wanita banyak minum teh saat jelang dan masa haid maka dapat menyebabkan migrain, juga kekurangan zat besi. Bahkan juga sakit kepala, mood buruk, mudah tersinggung, insomnia, gelisah, dan gugup.

Lebih disarankan untuk memperbanyak minum air putih sehingga keluhan jelang haid bisa berkurang.

 

 

 

Komentar Anda