Scroll to Top

Hasil Vietnam vs Uzbekistan 1-2, Gagal Juara Piala Asia U23 2018

By Aden Isna Riadna / Published on Saturday, 27 Jan 2018

Hasil Vietnam vs Uzbekistan 1-2, Gagal Juara Piala Asia U23 2018 4

Hasil Vietnam vs Uzbekistan dalam final Piala Asia U23 2018 berakhir dengan skor 1-2. Timnas Vietnam U23 harus gagal merebut trofi terbaik di benua Asia setelah kebobolan oleh gol Andrey Sidorov di menit terakhir babak perpanjangan waktu. Meskipun demikian, respek besar layak diberikan kepada wakil Asia Tenggara yang luar biasa mengejutkan ini.

Sepak terjang Vietnam di putaran final Piala Asia U23 tahun ini memang mengesankan. Di penyisihan grup, mereka mampu menyingkirkan dua tim yang tampak lebih kuat, Australia dan Syria. Kemudian beranjak ke perempat final, Vietnam membunuh Irak via drama adu penalti 5-3 setelah bermain imbang 3-3 di waktu normal. Pola yang sama sempat berlanjut di semifinal, kala Vietnam menyingkirkan Qatar via adu penalti 4-3.

Namun kisah ajaib Vietnam akhirnya terhenti oleh Uzbekistan. Bertarung di lapangan Changzhou Olympic Sports Centre yang bersalju, Vietnam sudah kebobolan di menit delapan. Ketika itu umpan tendangan sudut Dostonbek Khamdamov disambut oleh Rustamjon Ashurmatov. Tanpa pengawalan yang ketat dari pemain bertahan Vietnam, ia mencetak gol ke gawang Bùi Tien Dung.

Uzbekistan tetap lebih dominan meski sudah unggul. Sebaliknya, Vietnam yang unggul kecepatan, mengandalkan serangan balik. Ketertinggalan itu sempat bertahan sampai empat menit sebelum turun minum. Sebelumnya penyelamatan apik Bùi Tien Dung membuat  peluang Javokhir Sidikov dan Khamdamov semuanya mentah.

Hasil Vietnam vs Uzbekistan 1-2, Gagal Juara Piala Asia U23 2018

Menit 41, Vietnam menyamakan kedudukan berkat penyerang tersubur mereka Nguyen Quang Hai. Tendangan bebasnya dibuat melengkung untuk menembus gawang Botirali Ergashev meski sang kiper sudah menjatuhkan diri. Ini adalah gol kelima Quang Hai sepanjang turnamen. Plus, menjadi gol terakhir di laga ini sebelum babak perpanjangan waktu.

Vietnam berniat mengulang formula mereka, yang menang dua kali di babak sistem gugur via adu penalti. Kedudukan pun sempat membeku dalam skor 1-1 hingga extra time mendekati akhir. Namun petaka datang di menit terakhir, menit 120. Andrey Sidorov ketika itu baru masuk sesaat menggantikan Javokhir Sidikov. Ia menyambut umpan Khamdamov untuk masuk gawang. Skor 1-2 di penghujung laga, Vietnam harus terluka dalam mimpi menjadi raja Asia.

Bukan hanya Vietnam yang berprestasi di Piala Asia U23 ini. Wakil Asia Tenggara lainnya, Malaysia, mampu menembus perempat final. Sementara Thailand tersingkir sejak penyisihan grup.

Gol: Nguyen Quang Hai 41/  Rustamjon Ashurmatov 8′, Andrey Sidorov 120

Komentar Anda