Scroll to Top

Bayern Munchen Juara Terus, Bundesliga Bakal Dipecah Jadi Dua?

By vratislav / Published on Thursday, 08 Feb 2018

Hasil Liga Jerman Tadi Malam Bayern Munchen vs Hoffenheim 5-2 a

Bayern Munchen terus saja menjadi juara Bundesliga dalam lima tahun terakhir. Dan, sudah hampir pasti, musim ini Die Roten kembali berkuasa. Dominasi ini jelas buruk untuk citra Liga Jerman. Oleh karenanya, Stefan Effenberg mengusulkan agar format Bundesliga dipecah menjadi dua bagian.

Kecuali terjadi kesialan luar biasa, Bayern Munchen akan memenangkan Bundesliga yang keenam kalinya beruntun. Mereka sudah mendapatkannya sekali bersama Jupp Hencykes, tiga kali bersama Pep Guardiola, dan sekali bersama Carlo Ancelotti.

Saat ini Bayern yang kembali ditangani oleh Heynckes memiliki jarak 18 angka dari pesaing terdekat Bayer Leverkusen. Sementara, kompetisi Bundesliga tinggal 13 pekan lagi. Jelas, jika sampai Bayern juara lagi, kebosanan yang sangat akan melanda Bundesliga.

Pasalnya, tim-tim lain juga tampaknya belum cukup mampu untuk bersaing dengan Die Roten. Dan hal ini membuat Stefan Effenberg memunculkan gagasan segar. Ia ingin kompetisi Bundesliga dipecah jadi dua bagian. Dengan demikian kompetisi tidak akan memunculkan pemenang terlalu awal.

Dalam kolomnya untuk T-Online, Effenberg  mengajukan ‘proposal’ agar ada undian terbuka sehingga dua bagian Bundesliga yang berisi sembilan tim, berjalan fair. Nantinya, kompetisi dilakukan dengan sistem kandang dan tandang hngga Natal.

Hasil Liga Jerman 2018 Bayer Leverkusen vs Bayern Munchen 1-3 (1)

Dari sanalah, empat tim teratas dari masing-masing grup, ditambah tim urutan kelima terbaik, akan memulai lagi kompetisi baru dengan nol poin. Sementara empat tim terbawah tiap-tiap grup ditambah tim urutan kelima terburuk, akan bertarung untuk menyelamatkan diri dari zona degradasi.

Lewat jalan ini, “Kompetisi tidak akan bisa dilihat pemenangnya pada Februari atau Maret, karena semua klub memulai segalanya dari nilai nol lagi pada bulan Januari.”

“Konsep ini menjanjikan kemeriahan yang luar biasa dua kali, pertama dalam pertarungan untuk lolos ke grup 1 (grup juara) di putaran pertama, lalu dalam pertarungan untuk menentukan gelar juara atau lolos dari degradasi di putaran kedua.”

Komentar Anda