Scroll to Top

Daging Olahan Tingkatkan Risiko Kanker Pankreas

By Ilham Choirul / Published on Tuesday, 17 Jan 2012

daging olahan

Daging merah olahan yang biasa terdapat di sosis memberikan efek kurang menyehatkan bagi tubuh. Daging ini bisa mencetuskan penyakit kanker pankreas. Ilmuwan di Swedia mengatakan, risiko ini tidak terbatas pada sosis saja, melainkan juga pada produk daging olahan lainnya yang memakai daging merah sebagai bahan baku utama.

Hanya dengan mengonsumsi daging olahan 50 gram sehari, sudah meningkatkan potensi terkena kanker pankreas sebesar 19 persen. Sementara itu, konsumsi rutin burger kecil yang mengandung 100 gram daging olahan, meningkatkan risiko sebesar 38 persen. Sedangkan, kalau tiap hari makan daging olahan minimal 150 gram, risko kena kanker pankreas meningkat hingga 57 persen.

Kanker pankreas termasuk silent killer. Keberadaannya begitu tersembunyi sehingga seringkali baru terdeteksi setelah mencapai stadium lanjut. Hanya 3 persen pasien yang mampu hidup lebih dari lima tahun usai diketahui kankernya sudah parah. Gejalanya juga samar, kadang muncul dan hilang. Keluhan yang sering dirasakan seperti nyeri punggung, hilang nafsu makan, dan penurunan berat badan. Selain dipicu daging olahan ini, kanker pankreas juga disebabkan oleh minuman keras, kebiasaan merokok, dan obesitas.

Seperti dirilis DailyMail, kehadiran kanker pankreas karena daging olahan tidak secepat kemunculannya dari sebab rokok. Kebiasaan merokok menyumbang persentase 74 persen sebagai penyebab kanker ini.

“(Penderita) kanker pankreas memiliki tingkat kelangsungan hidup yang rendah,” kata Profesor Susanna Larsson, dari Karolinska Institutet di Stockholm.

Penelitian tersebut melibatkan 11 penelitian lain yang menganalisa 6.000 pasien kanker pankreas. Penelitian dimuat dalam British Journal of Cancer.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda