Scroll to Top

Spanyol U-21: Juara Sejati Eropa

By Fitra Firdaus / Published on Monday, 27 Jun 2011

Spanyol U-21 sukses menjuarai European Championship U-21 setelah mengandaskan Swiss 2-0. Alhasil, La Rojita mengikuti jejak senior mereka yang menjuarai Euro 2008, tiga tahun lalu. Spanyol U-21 juga melepaskan dahaga gelar juara tingkat Eropa mereka.

Terakhir kali La Rojita memenangi European Championship pada 1998, lebih dari 13 tahun lalu. Spanyol U-21 pun tercatat sebagai salah satu tim terbanyak merebut European Championship U-21 setelah Italia. La Rojita menjuarai 3 kali sedangkan Azzurri muda meraih piala yang sama 5 kali.

Sebenarnya, tidak ada yang mengherankan jika Spanyol U-21 memenangkan gelar ini. Sejak awal, salah satu lawan terberat sekaligus juara bertahan, Jerman, dipastikan tersingkir di babak kualifikasi. Selain itu, Spanyol U-21 dihuni pemain-pemain berkualitas.

Siapa yang tidak mengenal Bojan Krkic atau Adrian Lopez, dua striker yang sudah sangat berkibar di La Liga. Di lini tengah, ada pemain masa depan Barcelona, Thiago Alcantara yang sukses mencetak sebuah gol di final melawan Swiss kemarin. Ada pula gelandang tajam Juan Manuel Mata. Posisi penjaga gawang pun dihuni oleh pemain sekaliber David de Gea yang konon akan direkrut Manchester United.

Rekor Spanyol U-21 di European Championship pun fantastis. Mereka 100% tidak pernah kalah. Spanyol U-21 hanya sekali seri 1-1 dengan Inggris di partai pembuka. Selebihnya, mereka selalu menang. Sangat wajar bagi mereka untuk menundukkan Swiss, yang sebelumnya memiliki rekor 100% selalu menang dalam turnamen yang melibatkan 8 negara ini. Bravo, La Rojita!

Berikut perjalanan Spanyol menjadi juara
vs Inggris    (1-1)   Ander  14′  (Grup B)
vs Republik Ceska    (2-0)    Adrián  27′  47′ (Grup B)
vs  Ukraina    (3-0)   Mata  10′  72′ (p), Adrián  27′  (Grup B)
vs Belarusia    (3-1)   Adrián  89′  105′, Jeffrén  113′  (Semifinal)
vs Swiss   (2-0)    Ander  41′, Thiago  81′  (Final)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda