Scroll to Top

Indonesia Juara Badminton Asia Team Championship 2018, Sikat China 3-1

By Fitra Firdaus / Published on Monday, 12 Feb 2018

Indonesia Juara Badminton Asia Team Championship 2018, Sikat China 3-1 a

Indonesia resmi menjadi juara Badminton Asia Team Championship 2018. Menghadapi China di partai final yang digelar pada Minggu, 11 Februari 2018, kontingen Merah-Putih menang dengan skor 3-1. Dengan demikian, Indonesia sukses mempertahankan gelar Kejuaraan Beregu Asia.

Perjalanan Indonesia menjadi yang terbaik di turnamen kali ini jelas layak diacungi empat jempol. Sebelumnya, di semifinal, tim Merah-Putih nyaris dikalahkan oleh Korea Selatan meski sempat unggul 2-0. Namun Firman Abdul Kholik akhirnya mengamankan tiket ke final di pertarungan terakhir.

Masih membawa semangat atas kemenangan dramatis di semifinal, Jonatan Christie yang tampil sebagai tunggal putra pertama, menunjukkan kegigihannya. Jonatan harus bertarng dengan Shi Yuqi. Di gim pertama, Jojo dipaksa menyerah dengan skor 16-21.

Namun ia tidak mau berhenti di sana saja. Gim kedua, Jonatan membayar kontan kekalahan itu dengan skor 21-17. Lalu pada gim penentuan, ia tidak kehilangan fokus. Jonatan menang 21-18 dan membuat Indonesia memimpin 1-0.

Start apik ini dilanjutkan dengan perpaduan senior-junior, Mohammad Ahsan/ Angga Pratama dalam nomor ganda putra pertama. Mereka tidak memberi kesempatan kepada He Jiting/ Tan Qian untuk mendapatkan satu gim pun. Meskipun, pasangan China bertarung dengan ulet. Hasilnya kemenangan 21-19 dan 21-18 menjadi milik Ahsan/ Angga.

Indonesia Juara Badminton Asia Team Championship 2018, Sikat China 3-1 h

Dengan kedudukan 2-0, Indonesia tinggal membutuhkan satu kemenangan lagi untuk menjadi juara. Namun Anthony Sinisuka Ginting tidak mampu memenuhi harapan tersebut. Di gim pertama pertarungannya melawan Qiao Bin, Anthony kalah 12-21. Ia sempat bangkit di gim kedua, dengan unggul 21-11.

Tetapi kemudian Anthony menyerah 14-21 di gim penentuan; dan membuat kedudukan menipis 2-1. Jadilah tekanan sedikit membesar untuk ganda Rian Agung Saputro/ Hendra Setiawan. Hanya, mereka mampu mengatasinya dengan apik.

Bertarung melawan Han Chengkai/ Zhou Haodong, Rian/ Hendra merampungkan pertandingan dengan dua gim langsung, 21-14 dan 21-19. Kedudukan 3-1 untuk Indonesia, dan laga Zhao Junpeng vs Firman Abdul Kholik tidak perlu dipertarungkan lagi karena sudah tidak bermakna.

Indonesia sukses mempertahankan gelar Kejuaraan Beregu Asia yang didapatkan pada tahun 2016 di Hyderabad, India. Kala itu, kontingen Merah-Putih mengatasi perlawanan ulet Jepang dengan skor 3-2.

Komentar Anda