Scroll to Top

Hindarkan Gigi dari Lubang dan Karies Dengan Cara Alami Ini

By C Novita / Published on Monday, 12 Feb 2018

karang-gigi

Kesehatan gigi sangat erat terkait dengan kesehatan tubuh lainnya, termasuk jantung. Jika gigi berlubang atau muncul karies, kuman dan bakterinya dapat menyebar hingga ke banyak organ penting dalam tubuh dan memicu penyakit.

Karies serta lubang pada gigi tak hanya selalu dialami oleh anak-anak sebab orang dewasa pun bisa mengalaminya. Masalah lain seperti rasa nyeri, infeksi, dan kehilangan gigi merupakan imbas dari hal itu.

Hindari makanan manis

Makanan manis dan gula sudah mahfum diketahui menjadi sebab dari munculnya berbagai masalah pada gigi. Mulai dari gigi berlubang sampai karies, dipicu oleh konsumsi gula yang menyebabkan pH dalam mulut menjadi asam.

Dilansir laman New Delhi Times, Senin (12/2/2018), untuk terhindar dari masalah gigi sebaiknya kurangi asupan minuman soda, permen, sirup, madu, dan jus buatan pabrik yang kaya gula.

Hindari makanan dengan asam fitat

Satu lagi yang membahayakan kesehatan gigi adalah asam fitat. Asam ini memicu masalah pencernaan, juga menyebabkan kerusakan gigi dan kekurangan nutrisi. Ia membuang mineral dari tubuh, tulang, dan gigi.

Makanan yang mengandung asam fitat biasanya ditanam dengan memakai pupuk fosfat modern. Bukan kompos alami. Karena itu disarankan untuk makan makanan yang organik dan ditanam tanpa pupuk kimia.

Contoh makanan kaya asam fitat adalah biji-bijian dan kacang-kacangan.

Agar gigi terhindar dari karies juga lubang gigi serta radang gusi, maka berkumurlah dengan satu sendok minyak kelapa selama 20 menit. Terlalu lama dan Anda tak tahan? Bisa juga dengan 3-5 menit saja namun sering.

Selain minyak kelapa, lakukan juga memakai minyak esensial cengkeh atau teh.

 

Komentar Anda