Scroll to Top

Kuku Muncul Tanda Putih Bisa Jadi SedangTimbul Penyakit Berat

By C Novita / Published on Monday, 12 Feb 2018

kuku bergaris putih

Pernah memperhatikan kondisi kuku yang di tengahnya terdapat garis putih? kondisi tersebut tak dialami oleh semua orang, sehingga ada baiknya Anda ketahui apa alasan munculnya garis putih tersebut.

Ada pendapat umum yang menyebut itu terjadi karena kurang kalsium dan vitamin. Hal itu kurang tepat, sebab sebenarnya yang terjadi malah lebih serius dari pada sekedar kurang vitamin saja.

Kuku yang bergaris putih kerap disebut dengan istilah medis punctate leukonychia, kondisi yang muncul bila terjadi trauma pada kuku.

Trauma itu pun bukan seperti yang ada pada bayangan Anda seperti misalnya terjepit pintu atau terkena palu. Trauma yang terjadi malah lebih ringan dan sederhana semisal akibat mengetuk jari atau menggigit jari.

Dilansir laman The Sun garis putih yang kerap muncul itu biasanya bergerak ke atas seiring dengan tumbuhnya kuku. Bahkan kadang saking lamanya tumbuh maka Anda sudah lupa apa yang sebenarnya terjadi dan memicu garis itu.

Selain trauma, garis putih di kuku pun bisa muncul akibat reaksi alergi pada kuteks atau cat kuku. Namun bentuknya tidak hanya satu garis melainkan mengubah warna kuku menjadi putih secara luas.

Penyebab lain yang merupakan penyakit serius dan berat adalah sirosis hati, yang juga membuat kondisi kuku jadi bergaris putih.

Selain itu, perubahan pada kuku juga disebabkan Anda menderita gagal ginjal, atau pun penyakit jantung.

Bahkan kadang hal itu terjadi sebagai tanda bahwa tubuh mengalami kadar protein yang rendah di dalam darah.

 

 

 

Komentar Anda