Scroll to Top

Sri Mulyani Jadi Menteri Terbaik Dunia, Fadli Zon: Kok Bisa?

By vratislav / Published on Monday, 12 Feb 2018

Sri Mulyani Jadi Menteri Terbaik Dunia, Fadli Zon 4

Sri Mulyani, Menteri Keuangan Indonesia dinobatkan sebagai Menteri Terbaik Dunia dalam acara World Government Summit yang digelar di Dubai, Uni Emirat Arab. Anugerah ini mendapatkan tanggapan berbeda. Presiden Joko Widodo menegaskan dirinya bangga. Namun sebaliknya, wakil ketua DPR, Fadli Zon justru mempertanyakan alasan penghargaan terhadap Sri Mulyani.

Penghargaan Menteri Terbaik atau Best Minister in the World Award adalah penghargaan global yang bergengsi, karena diberikan hanya kepada seorang menteri dari semua negara di dunia setiap tahun. Dikutip dari Tempo.co, proses seleksi dan penentuan pemenang penghargaan ini dilakukan oleh lembaga independen, Ernst & Young.

Jelas ada alasan khusus sehingga Sri Mulyani, Menteri Keuangan Kabinet Kerja mampu meraih penghargaan itu, mengalahkan tujuh pesaing lain. Menut sang menteri, poin terpenting dari kinerjanya adalah reformasi di Kementerian Keuangan. Sri menjelaskan, “Berbagai upaya reformasi kebijakan telah dicanangkan di Kementerian Keuangan, bertujuan untuk mendorong kebijakan fiskal menuju pembangunan yang inklusif dan berkelanjutan.”

Reformasi birokasi di Kementerian Keuangan juga sudah membuahkan banyak hasil.

Salah satu bukti kinerja ampuh Sri Mulyani dan anak buahnya di Kementerian Keuangan, adalah penerimaan pajak tahun 2017 lalu yang mencapai Rp 1.339,8 triliun. Jumlah ini mencapai 91 persen dari target Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) 2017. Persentasenya melesat dari tahun sebelumnya yang mencapai 83,5 persen.Sri Mulyani Jadi Menteri Terbaik Dunia, Fadli Zon

Kini mendapatkan penghargaan prestisius, Sri Mulyani mempersembahkan gelar Menteri Terbaik Dunia ini kepada pemerintah Indonesia dan seluruh rakyat di tanah air.

Dikutip dari Tempo.co, Sri Mulyani menuturkan, “Penghargaan ini saya dedikasikan kepada pemerintah di bawah pimpinan Presiden Joko Widodo dan 257 juta rakyat Indonesia serta 78.164 jajaran (anggota) Kementerian Keuangan yang telah bekerja keras untuk mengelola keuangan negara dengan integritas dan komitmen tinggi untuk menuju bangsa Indonesia yang bermartabat, adil, dan makmur.”

Menanggapi penghargaan yang diterima sang Menteri Keuangan, Presiden Jokowi mengaku bangga. Selain itu, penghargaan ini juga bisa dilihat sebagai bentuk kepercayaan dunia pada ekonomi Indonesia yang terus membaik dalam pengelolaan Sri Mulyani.

Jokowi, dikutip dari CNN Indonesia menuturkan, “Saya kira, penilaian (Menteri Terbaik Dunia) itu menunjukkan manajemen ekonomi makro, pengelolaan fiskal, APBN Indonesia ada posisi yang benar, hati-hati, dan sangat efektif.”

Akan halnya Fadli Zon, wakil ketua DPR sekaligus politikus Partai Gerindra, justru mempertanyakan validitas penghargaan untuk Sri Mulyani itu. Fadli melalui akun twitternya pada Senin (12/2) menyentil, “Kok bisa (Sri Mulyani) jadi menteri keuangan terbaik ketika target tak ada yang tercapai.”

Komentar Anda