Scroll to Top

Jadi Ini Perbedaan Antara Jus dan Smoothies

By C Novita / Published on Tuesday, 13 Feb 2018

smoothies

Banyak yang menganggap jus dan smoothies sebenarnya sama saja, sama-sama untuk diminum dan menyehatkan serta menyegarkan. Padahal sejatinya kedua minuman dari bahan buah itu berbeda lho, baik tekstur dan khasiatnya untuk tubuh.

Karena cara pengolahan yang berbeda maka hasil akhirnya juga akan beda walau rasa buah segarnya sama. Menurut Steby Rafael, chef dan healthy food specialist, minuman smoothies adalah campuran dari buah dan sayur pilihan.

Smoothies diolah memakai blender atau food processor dengan waktu menghaluskan yang tidak terlalu lama. Oleh karena itu, saat dinikmati masih ada sisa tekstur buah yang bisa dikunyah sedikit. Bahkan ada potongan buah asli yang ditaburkan di atas minuman sebagai topping.

Berbeda dengan jus, yang umumnya hanya terbuat dari bahan buah segar saja. Proses pembuatannya yang memakai juicer membuat sari buah akan terpisah dari seratnya. Serat akan dibuang sehingga yang diminum hanyalah sari.

“Jus itu sari buahnya saja. Sedangkan smoothies serat dalam buah itu tidak hancur atau larut, masih terasa seratnya,” jelas Steby, seperti dilansir laman dream.co.id.

Khasiat smoothies adalah untuk menyehatkan pencernaan karena masih ada serat yang terkandung di dalamnya. Jika Anda sembelit, minum smoothies akan sangat sehat dan segar.

Sementara jus, lebih banyak digunakan untuk menyehatkan tubuh secara keseluruhan, sebab banyak terapi buah yang digunakan untuk menyembuhkan penyakit tertentu. Jus juga baik bagi kecantikan dan kebugaran.

 

 

 

Komentar Anda