Scroll to Top

Walau Pahit Namun Bunga Pepaya Bisa Bikin Manis Kesehatanmu

By C Novita / Published on Tuesday, 13 Feb 2018

bunga pepaya

Bunga pepaya memang rasanya pahit, namun banyak orang yang gemar mengonsumsinya dengan diolah menjadi sayur ditumis pedas sehingga rasa pahitnya akan berkurang. Ini adalah masakan jadul yang saat ini mulai dilupakan oleh generasi milenial, padahal manfaat dan khasiatnya bisa bikin manis kesehatan lho.

Menurut beberapa artikel kesehatan, bunga pepaya berkhasiat menetralisir tekanan darah tinggi, mencegah kanker, juga menyehatkan pencernaan serta cegah sembelit.

Dilansir laman KlikDokter Senin (12/2/2018), salah satu praktisi kesehatan, dr. Sara Elise Wijono Mres memaparkan beberapa manfaat bunga pepaya.

Ia mengatakan bahwa mengonsumsi bunga pepaya bisa menyembuhkan gejala nyeri pada perut, mulas, dan perut kembung.

Kandungan enzim papain, yakni enzim yang juga ada pada buah dan daun pepaya, bersifat proteolitik atau membantu mencerna protein.

Enzim itu mampu mempercepat proses pencernaan sehingga makanan tidak menumpuk lama di pencernaan. Dalam sebuah penelitian diungkap bahwa papain juga aktif walau berada dalam zat asam seperti lambung.

Ia juga membantu gluten, zat protein yang sulit dicerna, untuk lebih cepat dicerna. Padahal selama ini gluten jadi hal yang mengganggu pencernaan, serta diketahui memicu beberapa jenis penyakit.

Enzim papain juga berfungsi melakukan fermentasi zat baik, sehingga kesehatan jadi lebih terjaga. Ada kandungan protein, kalsium, juga zat besi dalam bunga pepaya yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh.

Jadi walau pahit, sebenarnya bunga pepaya dapat bikin manis kesehatanmu.

 

 

Komentar Anda