Scroll to Top

Agar Tidur Malam Tak Terganggu Karena Sering Kebelet Pipis, Ini 5 Caranya

By C Novita / Published on Tuesday, 13 Feb 2018

kencing malam hari

Waktu tidur malam Anda kerap terganggu karena kebelet pipis lebih dari sekali? Tentu tidak menyenangkan. Apalagi usai BAK atau kencing biasanya orang tak langsung bisa tidur lagi melainkan harus berusaha memejamkan mata hingga berjam-jam agar dapat nyenyak.

Pakar urologi dari Cleveland Clinic, Daniel Shoskes menyebutkan bahwa ada kemungkinan hal serius yang terjadi pada kesehatan jika Anda sering pipis di malam hari. Nokturia atau BAK di malam hari terjadi karena dua kemungkinan.

Pertama, menurut Shoskes, penyebabnya adalah penumpukan urine di kandung kemih. Pemicunya bisa karena minum terlalu banyak, efek samping obat, atau penyakit gagal jantung serta kerusakan liver.

Kedua, karena radang dari infeksi atau pembesaran prostat.

Namun terlepas dari sebab-sebab diatas, ada 5 cara untuk setidaknya mengurangi waktu bangun Anda di malam hari untuk pipis. Berikut ini caranya:

Kurangi minum

Mengurangi asupan minum dan cairan lain sejak jelang malam adalah cara pertama agar Anda tidak sering kebelet pipis. Ini membantu kandung kemih agar tidak terlalu penuh.

Tidak konsumsi alkohol dan kafein

Kafein bersifat diuretik atau memicu buang air kecil, sehingga baiknya dikurangi saat jelang malam. Demikian juga minuman yang mengandung alkohol.

Kurangi konsumsi obat

Menurut Shoskes, jika ada obat yang harus diminum maka minumlah di sore harinya. Apalagi jika obat tersebut bersifat diuretik atau memicu pipis.

Pakai kaos kaki

Jelang tidur, gunakan kaos kaki tebal agar kaki menjadi hangat. Ini juga berfungsi menekan pembuluh darah di kaki sehingga akumulasi cairan tidak menumpuk.

Kurangi garam

Garam menyerap cairan sehingga membuat Anda sering haus. Hasilnya Anda akan sering minum dan pipis. Kurangi asupan garam agar Anda tak sering haus.

 

Komentar Anda