Scroll to Top

Cara Bikin Air Tajin Untuk Sembuhkan Diare Parah Pada Anak Anak

By C Novita / Published on Tuesday, 13 Feb 2018

air tajin

Jangan remehkan diare, sebab jika berlanjut parah ia dapat menyebabkan dehidrasi dan berujung kematian. Segera atasi dan obati dengan cara-cara yang aman, salah satunya adalah dengan menggunakan bahan alami air tajin.

Air tajin adalah air yang dihasilkan saat memasak nasi, biasanya pemberian takaran air dilebihkan agar bisa diperoleh air berwarna putih tersebut.

Jika Anda menganggap cara ini kuno alias tidak modern serta tak bermanfaat, maka Anda salah. Penelitian yang dilakukan di Jerman mengungkap bahwa air beras tersebut jika ditambahkan sari wortel maka dapat mengobati diare.

Penelitian yang melibatkan anak usia dua tahun tersebut dilakukan dengan cara memberi mereka minuman air tajin plus wortel. Hasilnya, intensitas diare mereka berkurang jika dibanding anak yang diberi minum air elektrolisis glukosa.

Air tajin mampu menghidrasi tubuh anak dengan baik saat sedang mengalami diare akut.

“Kesimpulannya, solusi rehidrasi memakai air tajin dan wortel lebih aman dan efektif dibanding memakai larutan elektrolisis glukosa konvensional pada bayi dan anak-anak saat diare akut,” jelas ilmuwan yang dilansir laman NCBI, Kamis (8/2/2018).

Penelitian ini dilakukan karena di Tiongkok adalah hal yang biasa jika anak diare diberikan minum air tajin.

Berikut ini cara membuat air tajin yang benar:

Saat memasak 1 cup beras, tambahkan dengan 6 cup air yang dimasak hingga mendidih dan menjadi putih. Ambil air tajin tersebut lalu saring dari berasnya dan minumkan secara rutin sampai diare mereda.

 

Komentar Anda