Scroll to Top

Review Piala Emas dari Masa ke Masa

By Fitra Firdaus / Published on Monday, 27 Jun 2011

gold cup

Turnamen Piala Emas yang diselenggarakan CONCACAF tahun ini, seolah tertilep dengan kehebohan European Championship atau kelak Copa Amerika 2011. Maklum, barangkali karena tim-tim yang berlaga hanyalah negara kelas dua di dunia sepakbola. Paling-paling hanya akan muncul Amerika Serikat dan Meksiko di partai final; dua negara yang juga sering masuk ke Piala Dunia.

Demikian pula di final tahun ini. Untuk kelima kalinya sejak 1991, kedua tim bertemu di final. Sebelum final 2011, Meksiko unggul dengan menang tiga kali dan sekali kalah.

 

Juara Piala Emas

Dalam sejarahnya, gelar Piala Emas dikuasai oleh Meksiko dengan 9 kali merebut trofi juara plus tahun ini. Prestasi ini disusul oleh Amerika Serikat dengan 4 kali juara, Kosta Rika 3 kali, Kanada 2 kali, sedangkan Guatemala, Honduras, dan Haiti masing-masing sekali.

 

Tamu Undangan

Piala Emas juga “disusupi” tim undangan. Brazil pernah berpartisipasi dalam turnamen ini. Demikian pula Kolombia, Korea Selatan, Afrika Selatan, Peru, Ekuador, dan Kolombia. Uniknya, meskipun Brazil pernah tiga kali menjadi tamu undangan, mereka tidak pernah menjuarai Piala Emas. Prestasi terbaik Brazil hanyalah menjadi runner-up pada tahun 1996 dan 2003.

 

Top Skorer

Sementara itu, untuk urusan top skorer sepanjang masa, nama striker Meksiko, Luis Roberto Alves menjadi yang pertama dengan torehan 12 gol. Ia disusul salah satu striker terbaik yang pernah dimiliki Amerika Serikat, Landon Donovan dengan 11 gol.

Yang patut dicatat, mengingat Javier Chicharito Hernandez masih berusia 23 tahun dan ia telah menorehkan 7 gol hingga final Piala Emas tahun ini, jika tidak ada halangan, Chicharito bisa dengan mudah menyalip torehan gol kedua pemain tersebut.

 

Penyelenggara

Yang Unik, babak final Piala Emas, sejak diresmikan sebagai turnamen negara-negara Amerika Utara dan Tengah pada 1991, hanya digelar di dua negara. Maklum, barangkali kapasitas stadion dan kemampuan finansial menjadi ukurannya. Amerika Serikat sejak 1991 hingga saat ini selalu menjadi tuan rumah.

Sementara itu, Meksiko pernah berduet dengan Amerika Serikat menjadi tuan rumah pada 1993 dan 2003. Selebihnya, negara-negara lain senantiasa menjadi tamu yang manis di turnamen untuk wilayah mereka sendiri tersebut.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda