Scroll to Top

Bahaya yang Mengintai Dibalik Lezatnya Sosis

By C Novita / Published on Wednesday, 14 Feb 2018

Sosis-dibakar

Mengonsumsi sosis dengan berbagai macam cara masaknya memang nikmat. Rasa gurih dan asin yang pas dari daging olahan tersebut membuat anak-anak sampai orang dewasa ketagihan. Akan tetapi banyak yang tak menyadari bahwa kandungan dari makanan pabrikan itu sebenarnya kurang sehat untuk tubuh.

Hanya karena mudah diperoleh dengan harga terjangkau, maka sosis kini jadi pilihan untuk sumber protein masyarakat. Coba telaah lagi yuk, apa yang menyebabkan makanan ini termasuk makanan yang membahayakan kesehatan dan tak dianjurkan dikonsumsi rutin serta berlebih, dilansir dari Times of India:

Bahan pengawet

Makanan olahan pabrik ini tentu harus tahan lama, sebab ia akan didistribusikan ke berbagai tempat. Karena itu bahan pengawet harus ditambahkan, demikian pula proses tertentu yang sekilas terlihat tak berbahaya. Akan tetapi sebenarnya dalam jangka panjang bahan itu dapat memicu kerusakan permanen di sistem pencernaan.

Bahan tambahan

Rasa lezat dan adiktif yang ada pada makanan olahan bisa didapat karena tambahan enhancer. Itu adalah bahan kimia untuk menguatkan rasa pada daging olahan.

Sodium tinggi

Kandungan sodiumnya tinggi untuk mempertahankan rasa, padahal itu berbahaya sebab memicu penyakit hipertensi dan jantung.

Bahan sintetis

Beberapa studi menemukan adanya bahan sintetis pada daging olahan seperti sosis, untuk menambah jumlah. Wajar jika sosis dapat dijual dengan harga ekonomis, padahal daging di pasaran kadang harganya lebih tinggi.

Nitrosamin

Saat terkena panas tinggi, daging olahan membentuk nitrosamin. Misalnya saat digoreng, panggang, atau cara masak lain. Dalam penelitian, nitrosamin merupakan pemicu utama kanker usus.

 

 

 

Tagged as:

Komentar Anda