Scroll to Top

2 Sungai Ini Bertemu Tapi Tak Bercampur, Fenomena Unik

By C Novita / Published on Monday, 19 Feb 2018

20180215153815-1-encontro-das-aguas-manaus

Satunya berair jernih dan satunya lagi berair keruh mengandung lumpur, namun uniknya dua sungai yang bertemu ini tak saling bercampur. Fenomena alam yang unik tersebut ada di sebuah kota di Brasil.

Warga setempat biasa menyebut hal unik itu dengan nama Encontro das Aguas. Dua sungai besar yang bertemu di sisi hilir adalah sungai Rio Negro dan Sungai Amazon.

Air keruh yang terlihat sangat kontras di sisi air jernih adalah milik Sungai Amazon. Seperti ada sebuah dinding kaca yang memisahkan kedua sungai tersebut sehingga kondisinya tak bercampur atau saling mempengaruhi.

Menurut laman Amusing Planet, fenomena alam itu sebenarnya tidak terlalu langka sebab beberapa sungai lain di dunia pun ada yang seperti itu. Namun memang kejadian di Brasil itu terlihat lebih menyolok.

20180215153816-3-encontro-das-aguas-manaus

Rio Negro sendiri adalah sungai hitam terbesar di dunia, tak heran jika dinamakan negro. Asal warna airnya yang hitam berasal dari banyaknya tumbuhan rawa dan hutan yang sudah proses pembusukan.

Tingkat keasamannya juga tinggi dengan mempunyai sedikit endapan.

Mengapa kedua sungai itu tidak bercampur airnya, sebab kepadatan, kecepatan, dan suhu airnya berbeda. Itu sebabnya seperti ada garis pembatas diantara keeduanya yang terlihat cantik dari udara.

Fenomena unik tersebut membuat beberapa agen wisata menawarkan tur wisata kesana dengan menggunakan perahu dengan menyusuri sisi peertemuan dua sungai besar yang tak menyatu itu. Terutama pada saat bulan tertentu dimana air sungai naik, wisatawan banyak yang berkunjung.

 

sungai

Komentar Anda