Scroll to Top

Saat Ada Ular Masuk Rumah Lakukan Hal Ini

By C Novita / Published on Sunday, 25 Feb 2018

ular

Musim hujan seperti saat ini banyak hewan kecil yang mungkin masuk dalam rumah, salah satunya adalah ular. Umumnya, orang akan ketakutan jika melihat hewan melata tersebut ada di dalam salah satu ruangan. Tentu saja takut digigit dan terkena bisa yang mematikan merupakan alasan utamanya.

Yang perlu diingat adalah, tidak semua ular mempunyai bisa yang berbahaya dan mematikan. Menurut ahli ular dari Queensland, Australia, ular dengan corak warna cerah dan lucu bisa berbisa dan mematikan.

“Jika Anda tak yakin dengan jenis ular apa yang ditemukan, maka pastikan bahwa Anda tidak menyentuhnya. Australia memiliki sejumlah ular berbahaya, tetap jaga keselamatan,” jelas kelompok penangkap ular Snake Sunshine Coast.

Masih menurut penjelasan dari kelompok tersebut, rata-rata ular dengan warna coklat sangat berbisa dan mematikan.

Dilansir ABC.net.au, Jumat (23/2/2018), setidaknya 300 orang digigit ular di Australia per tahunnya. Dalam catatan Layanan Informasi Coronial Nasional, rentang tahun 2000 hingga 2016 sudah 35 orang yang tewas akibat gigitan ular.

Yang perlu dilakukan

Jadi apa yang perlu dilakukan jika tiba-tiba ada ular yang masuk rumah? Pertama adalah sebisa mungkin jangan mencoba membunuhnya. Di Australia, utamanya Queensland, ular termasuk hewan yang dilindungi. Jika populasi ular menurun drastis maka terjadi ketidak seimbangan di alam.

Mengusir adalah hal terbaik yang harus Anda lakukan. Hewan melata itu ternyata tak suka dengan bau wangi. Semprotkan parfum wangi atau pewangi ruangan ke arahnya. Buka pintu untuk membuatnya bisa mencari jalan keluar.

Tentu Anda harus jauhkan dulu anak-anak dari ruangan dimana ada hewan tersebut.

Sebagai pencegahan, bersihkan rumah dari sampah dan tumpukan barang yang mengundang datangnya tikus. Ular akan datang ke lokasi dimana ada banyak mangsa.

 

Komentar Anda