Scroll to Top

Benarkah Telur Mentah Aman Dikonsumsi?

By C Novita / Published on Wednesday, 18 Jan 2012

Banyak yang berpendapat bahwa telur mentah lebih baik jika konsumsi dari pada telur matang. Benarkah pendapat tersebut?

Fakta bahwa dalam satu butir telur ayam, mengandung banyak kandungan protein, mineral, vitamin dan lemak yang tentunya berguna bagi tubuh manusia.

Namun selain bahan berguna tersebut, ternyata telur ayam juga mengandung bakteri Salmonela yang hidup di dalamnya.

Bakteri tersebut bisa mencemari telur saat masih berada di dalam perut ayam. Jika tak sengaja dikonsumsi oleh manusia, maka dapat menyebabkan keracunan dan menyebabkan penyakit tifus dan difteri. Gejalanya antara lain, mual, muntah, demam, diare, sakit perut, sakit kepala, dan menggigil.

Selain itu, dalam telur mentah terdapat zat avidin, yang dapat menimbulkan penyakit pada kulit dan kerontokan rambut. Juga sebuah kandungan Ovomucoid yang menjadi biang kerok dari alergi.

Gejala alergi tersebut bisa berupa gatal dan bengkak pada kulit, atau batuk.

Karena itu, mengkonsumsi telur mentah agak riskan karena dapat membuat bakteri salmonela masuk ke dalam tubuh manusia. Selain juga berbagai kandungan zat di atas yang aktif jika telur belum dipanaskan.

Sebaiknya telur terlebih dahulu dimasak dalam suhu minimal 60 derajat celsius selama 6,2 menit, jika Anda menggemari telur setengah matang, agar makanan Anda sehat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda