Scroll to Top

Buah Melon Australia Mengandung Bakteri Listeria Telah Tewaskan 3 Orang

By C Novita / Published on Monday, 05 Mar 2018

buah melon

Bakteri listeria disebut menjadi sebab dari tewasnya tiga orang di Australia usai menyantap buah melon yang ditanam petani setempat. Korban lain sebanyak 12 orang masih harus menjalani pengobatan di rumah sakit dengan penyebab yang sama.

Vicky Sheppeard, Direktur Penyakit Menular untuk Kesehatan NSW memastikan hal itu saat digelar rilis pers di Australia, Sabtu (3/3/2018).

“Kami bisa mengkonfirmasi bahwa 13 dari 15 kasus tersebut mengkonsumsi melon sebelum awal sakit mereka,” jelas Vicky seperti dilansir Reuters.

Namun otoritas kesehatan setempat telah melakukan tindakan pencegahan agar bakteri listeria tidak lagi menyebar dengan membuang semua melon di supermarket yang terkontaminasi.

Tahun lalu sempat pula heboh kontaminasi bakteri listeria pada apel impor hijau Granny Smith, namun beruntung ternyata yang diimpor ke tanah air tidak termasuk yang tercemar.

Mengapa banyak terjadi kasus kontaminasi bakteri listeria pada buah dari luar negeri? Sebelumnya untuk diketahui, bakteri ini nama lengkapnya adalah Listeria monocytogenes (L. monocytogenes).

Bakteri ini tidak saja bisa mencemari buah namun juga ditemukan pada setidaknya 37 spesies mamalia, juga pada 17 spesies burung, dan beberapa spesies ikan serta kerang.

Dalam situs resmi Kemenkes RI, Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Kementerian Kesehatan RI, dr. H. M. Subuh, MPPM menjelaskan dimana bakteri tersebut bisa ditemukan.

“Bakteri ini terdistribusi luas di lingkungan, dapat ditemukan di tanah, pakan ternak yang dibuat dari daun-daunan hijau yang diawetkan dengan fermentasi (silage), dan sumber-sumber alami lainnya seperti feses ternak,” jelas Subuh.

Orang yang terinfeksi bakteri listeria dikatakan mengalami Listeriosis. Umumnya jika sistem imunitas tubuh lemah, mudah bagi bakteri untuk menyebabkan infeksi serius. Gejalanya adalah demam, sakit kepala, pegal, mual, sakit perut dan diare parah.

Bakteri tersebut tidak mati dalam suhu dingin di kulkas, bahkan saat sudah dibekukan. Tak heran jika seseorang beresiko terinfeksi jika makan buah yang tercemar.

Selain buah, bakteri bisa juga ada pada daging yang kurang matang, sayuran mentah, keju, serta susu mentah.

 

 

 

Komentar Anda