Scroll to Top

Fans River Plate Mengamuk

By Wan Faizal / Published on Monday, 27 Jun 2011

River PlatePara pendukung River Plate membuat kerusuhan di Stadion Monumental setelah klub kesayangan mereka dipastikan terdegradasi ke Primera B Nacional atau divisi kedua di Liga Argentina.

Kepastian itu didapat setelah dalam second leg babak play-off degradasi, River hanya mampu bermain imbang 1-1 melawan Belgrano, Senin (27/6) pagi. Sebelumnya, Belgrano berhasil menang 2-0 atas River pada first leg. Sementara bagi Belgrano, ini adalah penantian lama mereka kembali ke kasta tertinggi sepakbola Argentina setelah terakhir kali mereka merasakannya pada 2006.

Kerusuhan tersebut terjadi sesaat setelah pertandingan berakhir. Suporter tuan rumah yang kecewa langsung melempar benda-benda di sekitar mereka ke dalam lapangan, termasuk kursi penonton. Para awak media massa yang berada di pinggir lapangan pun langsung berlarian ke dalam lapangan berkumpul bersama para pemain untuk menghindari lemparan-lemparan dari suporter.

Tiga puluh menit setelah pertandingan berakhir, amuk para fans masih juga belum reda. Kali ini yang jadi sasaran adalah pelatih Juan Jose Lopez dan presiden klub Daniel Passarella. Para fans menyanyikan yel-yel yang meminta mereka berdua mundur dari jabatan masing-masing.

Di luar stadion, wujud kemarahan para supporter River juga tak kalah panas. Beberapa mobil yang diparkir di area stadion juga dibakar para fans.

River sebenarnya adalah salah satu klub terbesar di Argentina. Sepanjang keikutsertaannya di Primera Division Argentina, klub yang berdiri pada 25 Mei 1901 tersebut telah meraih 33 gelar juara liga, 2 gelar Copa Libertadores, 1 Piala Interkontinental (sekarang Club World Cup), dan berbagai gelar lainnya.

Selain itu, beberapa pemain besar pernah berkostum River. Sebut saja Mario Kempes, Ariel Ortega, Abel Balbo, Claudio Caniggia, Marcelo Salas, Marcelo Gallardo, dan Roberto Ayala.

Kurang familiar dengan nama-nama mereka? Tentunya kita sebagai penggemar sepak bola sudah hafal dengan nama-nama seperti Javier Mascherano, Radamel Falcao, Esteban Cambiasso, Andres D’Alessandro, Juan Pablo Aimar, Matias Almeyda, atau Erik Lamela. Mereka adalah pemain-pemain yang pernah dan sedang merumput bersama River Plate.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda