Scroll to Top

Anji Gemas Dengan Maraknya Pembajakan

By Aditya / Published on Wednesday, 18 Jan 2012

Tidak hanya musisi senior atau pengamat musik saja yang geram dengan semakin tidak terkendalinya aksi pembajakan karya cipta. Musisi muda seperti Anji pun merasa gemas dengan fenomena negatif yang memperburuk kondisi permusikan di Indonesia itu.

Ironisnya, mantan vokalis Drive ini justru sering ditanyai bagaimana cara mengunduh lagunya secara gratis. Tentu saja Anji geregetan disodori pertanyaan semacam itu. Namun, calon suami Wina Natalia ini kemudian berpikir bahwa barangkali masyarakat tidak tahu bahwa mengunduh lagu secara gratis lewat internet itu adalah perbuatan terlarang.

”Tapi kemudian gue mikir, ini jangan-jangan memang mereka beneran tidak tahu bahwa hal itu sebenarnya ilegal,” ujar vokalis bernama lengkap Erdian Aji Prihartanto itu di Jakarta, Selasa (17/1).

Kenyataan di lapangan yang kerap ditemui Anji juga menunjukkan gelagat yang sama. Seringkali ia diminta oleh para penggemarnya untuk membubuhkan tanda tangan di CD, tapi ternyata CD bajakan dan mereka ternyata tidak tahu kalau itu bukan CD asli.

”Sering tuh, terutama di daerah, dimintain tanda tangan di CD, yang nggak taunya bajakan. Pas gue tanya, muka mereka beneran bingung. Bagusnya sih habis gue bilangin, mereka  mau tuh beli CD asli,” keluh Anji.

Aksi pembajakan memang masih menjadi mimpi buruk bagi industri musik di tanah air. Sejumlah tokoh musik kerap mengeluhkan hal ini, seperti yang pernah dilontarkan oleh Remy Sylado, Rhoma Irama, Thomas Ramdhan, dan lainnya. Seharusnya pemerintah bisa bersikap tegas dalam menyikapi tindak kriminal ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda