Scroll to Top

4 Jenis Sariawan Seperti Ini Wajib Diwaspadai

By C Novita / Published on Sunday, 11 Mar 2018

sariawan

Sariawan merupakan jenis infeksi berupa luka yang terjadi di dalam rongga mulut. Hampir semua orang di dunia pernah mengalaminya dan sangat mengganggu aktifitas makan karena rasanya nyeri sangat.

Walau tergolong penyakit ringan, namun jangan anggap enteng sariawan sebab ada beberapa jenis yang ternyata mengindikasikan adanya penyakit lain yang lebih serius.

Menurut Ketua Ikatan Spesialis Penyakit Mulut Indonesia, Drg. Rahmi Amtha, MDS, SpPM, PhD, jika terjadi sariawan dengan empat ciri berikut ini maka segeralah memeriksakan diri ke dokter. Apa saja ciri tersebut? simak berikut ini yuk:

Tak sembuh sampai  satu bulan

Normalnya sariawan akan sembuh dalam waktu sepekan saja.

“Hal ini tergantung dari bagaimana seseorang menjaga kebersihan mulut dan daya tahan tubuh,” kata Rahmi seperti dilansir laman liputan6.com, Sabtu (10/3/2018).

“Bisa jadi karena masalah pencernaan, atau justru berujung pada kanker mulut,” tambah dia.

Pinggir luka mengeras

Apabila pinggiran luka mengeras dan menggulung, segera konsultasi ke dokter karena terindikasi sudah terjadi iritasi dan peradangan.

Tidak ada faktor iritasi

Jika sariawan terjadi begitu saja tanpa ada faktor iritasi yang memicunya, misalnya akibat tergigit, karena behel atau terkena benda tajam lain, maka bisa jadi penyakit itu dipicu hal serius seperti kanker mulut.

Berulang terjadi

Sariawan yang terjadi berulang kali juga perlu dicurigai. Penyakit yang timbul dan sirna terus tanda ada yang tak beres pada tubuh Anda. Segera hubungi dokter jika terjadi hal mencurigakan itu.

 

 

Komentar Anda