Scroll to Top

9 Alasan Untuk Tidak Minum Teh Saat Perut Masih Kosong

By C Novita / Published on Sunday, 11 Mar 2018

minum teh

Kebiasaan minum teh di pagi hari saat perut masih dalam kondisi kosong belum terisi makanan apapun sebaiknya diubah. Alasannya, karena dalam teh terdapat beberapa zat aktif, salah satunya kafein, yang dapat menyebabkan kesehatan Anda terpengaruh.

Berikut ini 8 alasan menghindari teh di pagi hari, seperti dilansir laman Boldsky:

Aktifitas metabolisme terganggu

Sistem metabolisme tubuh dapat terganggu jika perut kosong sudah menerima segelas teh. Ini terjadi karena keseimbangan zat asam dan basa di lambung dan sistem pencernaan terganggu. Alhasil ini bisa memicu lebih banyak masalah kesehatan nantinya.

Enamel gigi bisa erosi

Kandungan zat gula dalam teh bisa memicu pengikisan enamel gigi. Mengapa? Karena bakteri di mulut perkembangannya menjadi pesat akibat gula tersebut memicu naiknya kadar asam di mulut. Hasilnya, terjadi erosi pada permukaan gigi.

Dehidrasi

Minum teh bisa bikin Anda sering buang air kecil karena sifatnya yang diuretik. Ini memicu kehilangan cairan dalam jumlah besar pada tubuh dan bisa menyebabkan dehidrasi.

Kembung

Beberapa orang mudah mengalami kembung usai minum teh karena usus yang kosong menghasilkan banyak gas setelahnya.

Mual

Zat pada teh yang bereaksi dengan asam lambung yang tinggi dapat memicu rasa mual. Ini karena perut masih kosong saat meminumnya.

Bad mood

Kafein pada teh juga memicu munculnya bad mood jika diminum saat masih dalam kondisi perut kosong. Anda akan merasa tak tenang dan mudah emosi atau sedih.

Kecemasan

Rasa gelisah dan juga kecemasan berlebihan bisa muncul usai minum teh pagi hari. Ini karena kafein dan gula di dalamnya.

Mengurangi penyerapan zat besi

Jika Anda setelah itu sarapan dengan makanan yang mengandung zat besi, maka ia akan mengurangi penyerapannya. Alhasil tubuh Anda akan mengalami kekurangan zat besi. Ini jika berlangsung dalam jangka panjang.

 

 

Komentar Anda