Scroll to Top

Air Beras Bisa Bikin Rambut Jadi Sehat dan Cantik

By C Novita / Published on Tuesday, 13 Mar 2018

air beras

Air beras atau air cucian beras yang hendak diolah menjadi nasi sudah sejak lama dimanfaatkan sebagai bahan perawat kecantikan. Umumnya dikenal dapat dipakai merawat kulit wajah, namun ternyata kecantikan dan kesehatan rambut pun bisa diperoleh dari bahan ini.

Ternyata tren memanfaatkan air beras ini tak hanya dilakukan oleh masyarakat Asia saja. Belakangan laman Byrdie mencatat bahwa pencarian kata ‘manfaat air beras’ di wilayah Amerika Utara pun meningkat sampai 2.000 persen.

Merawat kecantikan rambut dengan bahan air beras diyakini dapat menambah kelembabannya. Kulit kepala dan batang rambut yang kerap diberi basuhan air ini pun mampu merangsang proses pertumbuhan rambut.

Fakta lain, di wilayah China yakni desa Huangluo yang dikenal sebagai desa peraih Guinness World Records untuk wanita dengan rambut terpanjang di dunia, ternyata para wanitanya memakai bahan ini.

Disana wanita usia senja pun penampilan rambutnya menawan, demikian dilansir laman Enjinsight.

Nutrisi air beras

Terdapat beberapa nutrisi pada air beras yang membuatnya mampu memberi manfaat untuk kecantikan rambut. Ada asam amino, vitamin B6, vitamin B8, dan Inositol.

Bahan tersebut berfungsi untuk relaksasi, lancarkan peredaran darah sehingga akar menjadi kuat. Juga menambah volume rambut dan menjadikannya berkilau. Merangsang tumbuhnya rambut, dan mencegah rambut dari kerusakan.

Cara memakai

Anda hanya perlu membasuhkannya ke kulit kepala dan batang rambut, kemudian memijat perlahan selama 5 menit. Bilas setelahnya agar rambut bersih kembali.

Bisa juga dengan cara melakukan fermentasi air beras selama 2 hari. Cukup diamkan air beras organik dalam sebuah wadah, dan pergunakan untuk membilas rambut dua hari kemudian.

Selamat mencoba

 

 

Komentar Anda