Scroll to Top

Jika Argentina Gagal Juara Piala Dunia 2018, Lionel Messi Pensiun?

By Fitra Firdaus / Published on Monday, 19 Mar 2018

Jika Argentina Gagal Juara Piala Dunia 2018, Lionel Messi Pensiun (1)

Jika Argentina gagal juara Piala Dunia 2018, bukan tidak mungkin Lionel Messi akan pensiun dari kancah internasional. Hal ini disampaikan sendiri oleh La Pulga dalam acara La Cornisa. Sebelumnya, Messi membawa Argentina masuk ke tiga final turnamen internasional, tetapi selalu kalah di partai puncak.

Piala Dunia 2018 bisa jadi merupakan pertaruhan terbesar dalam karier Lionel Messi. Usianya sudah mencapai 31 tahun kala itu. Tidak ada jaminan bahwa Messi masih bertahan di Piala Dunia 2022 di Qatar, saat ia sudah berumur 35 tahun. Mungkin saja sudah ada generasi baru pemain Albiceleste yang menggantikannya.

Messi sangat sadar akan peluangnya tersebut. Apalagi, dapat dikatakan Piala Dunia adalah satu-satunya trofi yang belum pernah didapatkan oleh La Pulga dalam karier. Dia demikian luar biasa ketika berseragam Barcelona. Plus, Messi juga sudah mengantar Argentina juara Piala Dunia U20 dan Olimpiade. Tetapi, Piala Dunia punya nilai magis lain.

Menurut Lionel Messi sendiri, tuntutan agar dirinya memenangkan trofi Piala Dunia di Rusia tidak hanya muncul dari kalangan rakyat Argentina saja. Katanya, “Saya melihat di mana-mana, bagaimana sekian orang ingin (Piala Dunia Rusia) jadi Piala Dunia yang baik bagi saya; bahwa ada hasrat melihat saya memenangi trofi tersebut.”

Empat tahun lalu, Lionel Messi bisa mengantarkan Argentina ke final Piala Dunia 2014. Namun Albiceleste ditumbangkan oleh sang juara Jerman dengan skor 1-0. Setelahnya, Argentina menembus final Copa America 2015 dan Copa America Centenario. Tetapi lagi-lagi, tim yang dikapteni Messi mentok sebagai runner-up.

Jika Argentina Gagal Juara Piala Dunia 2018, Lionel Messi Pensiun (2)

Kini, bersama rekan-rekan yang seumuran dengannya, Messi melihat Piala Dunia sebagai kesempatan terakhir mereka memberikan kebanggaan kepada Argentina. Ia menuturkan, “Ada perasaan bahwa kebanyakan pemain dalam skuat ini akan bermain bersama untuk terakhir kali (di Rusia). Tampaknya menembus tiga final tidak membantu.”

“Tentunya kami bergantung pada hasil akhir, sayangnya. Demikian pemikiran tentang skuat Argentina saat ini. Kami bisa menembus tiga final, tetapi tidak pernah menjadi juara. Banyak hal lain yang dikatakan tetang kami.”

“(Wartawan) tidak berpikir bahwa kami semakin dekat untuk jadi juara. Mereka berpikir, kami tidak akan punya kesempatan lain. Jika demikian adanya (pola pikir mereka) maka mereka akan meminta seluruh skuat untuk meninggalkan timnas Argentina.”

Saatnya membuktikan kritikan dan ejekan wartawan tersebut keliru, Lionel Messi!

Komentar Anda