Scroll to Top

Berbagai Obat Hipertensi Alami di Sekitar Anda

By Ilham Choirul / Published on Wednesday, 18 Jan 2012

Menderita tekanan darah tinggi atau hipertensi memang serba salah. Soal makanan harus menjaga benar pilihan menunya. Belum kalau terhimpit dengan beban kerja yang membuat stres, penyakit ini bisa kambuh. Makanan dan gaya hidup menjadi pilihan wajib yang harus diperhatikan penderita hipertensi.

tekanan-darah-tinggi

Maklum saja, penyakit tersebut bisa menjadi pintu pembuka munculnya penyakit lain. Serangan jantung dan stroke adalah salah satunya. Saat tekanan darah meninggi, sementara tumpukan kolesterol juga menghambat peredaran darah, maka bisa berakibat terjadi serangan jantung koroner atau mungkin pecahnya pembuluh darah otak.

Orang dengan hipertensi mungkin sudah dibekali dengan berbagai obat kimia sebagai antisipasi. Namun, tidak ada salahnya jika Anda juga melirik pengobatan herbal untuk menekan naiknya tekanan darah. Obat herbal ini ternyata lekat dalam kehidupan. Coba saja beberapa bahan alam ini untuk mengatasi hipertensi Anda.

  • Daun salam. Daun yang kerap sebagai bumbu dapur ini punya zat flavonoid, tanin, dan minyak asiri sitral serta eugenol. Inilah zat yang dapat menurunkan hipertensi. Cukup rebus 15 lembar daun salam dengan tiga gelas air, lalu dinginkan setelah tersisa satu gelas. Minumlah dua kali sehari setelah rebusan itu disaring.
  • Mentimun. Buah yang kerap jadi lalapan ini memiliki kandungan potassium, magnesium, dan fospor yang efektif untuk obat hipertensi. Makanlah timun secara mentah atau minum sarinya sebanyak dua sampai tiga kali sehari. Selain untuk hipertensi, mentimun juga dipercaya menghilangkan keluhan rematik, melancarkan air seni, dan melembutkan kulit.
  • Blewah. Buah ini di sebagian tempat mungkin hadir secara musiman. Kandungan kaliumnya menjadi penyetabil tekanan darah. Kandungan sukrosa dan fruktosanya mengatasi dehidrasi. Juga, buah ini membantu mengatasi keluhan asam urat.
  • Terong ungu. Selain dipakai untuk menambah nikmat menu sayur, terung ungu berkhasiat menjaga tekanan darah. Sayuran ini punya kandungan kalium tinggi, namun natriumnya rendah.
  • Mengkudu. Meski rasanya pahit, buah mengkudu dapat melebarkan pembuluh darah yang menyempit sehingga alirannya menjadi lancar. Bagi penderita diabetes yang juga memiliki keluhan hipertensi, mengkudu sangat baik untuk menyetabilkan tekanan darah dalam jangka panjang. Membuatnya cukup mudah. Serut buah mengkudu lalu peras untuk diambil sarinya. Minumlah mengkudu setelah disaring.
  • Bawang putih. Bumbu dapur ini bisa dipakai untuk terapi hipertensi. Cara mengonsumsinya bisa dimakan mentah atau ditumbuh untuk mendapatkan sarinya. Cobalah rutin mengonsumsi tiga siung bawang putih tiap pagi selama tujuh hari untuk melihat efeknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda