Scroll to Top

Menakjubkan, Ada Pepohonan Unik di Pulau Socotra

By Ilham Choirul / Published on Wednesday, 18 Jan 2012

Inilah pulau kecil yang terjaga keasliannya hingga saat ini. Namanya Pulau Socotra yang menjadi bagian dari negara Yaman. Untuk menjaga “keperawanan” tempat ini, sampai-sampai tidak ada satu pun hotel yang dibangun di sini buat para wisatawan. Kelengkapan sebagai sebuah tempat wisata pun tidak didirikan. Karena punya ciri khas yang tidak dimiliki oleh tempat lain, UNESCO menetapkannya sebagai salah satu situs warisan dunia.

Uniknya Pulau Socotra salah satunya pada keanekaragaman hayati di sana. Ada pohon yang tumbuh dengan unik yang diberi nama Pohon Darah Naga. Pohon ini punya daun dan cabang yang berbentuk seperti payung yang sedang dibuka. Getahnya berwarna merah. Ada pula pohon yang bentuknya seperti tanaman adenium yang biasa dijadikan tanaman hias. Bedanya, pohon tersebut tumbuh ibarat adenium raksasa.

Socotra

Kalau Anda berkunjung ke sana pasti akan terperangah dengan kondisi itu. Pasalnya, bisa dipastikan tidak ada tumbuhan sejenis yang hidup di tempat lain selain Pulau Socotra. Ternyata, pepohonan ini memang spesies endemik. Hanya di sana saja yang ada.

Keindahan Pulau Socotra ditunjang pula oleh pantainya yang terjaga kebersihannya. Jangan berharap mendapatkan tumpukan sampah di sana. Keasrian pantai ini diperkaya dengan berbagai hewan laut yang menggoda untuk disantap. Lobster besar banyak ditemukan. Kalau mau snorkling atau diving, Anda akan mendapati keindahan terumbu karang beserta kehidupan bawah laut yang menarik untuk dipandang.

laut di Socotra

Pulau Socotro termasuk pulau yang terisolasi. Penghuninya diperkirakan sejumlah 40 ribu orang. Sepertiga flora atau tumbuhan di sana bersifat endemik. Beberapa varietas yang ada diperkirakan sudah berusia 20 juta tahun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda