Scroll to Top

Wah, Pabrik Gula De Tjolomadoe Diubah Jadi Gedung Budaya

By C Novita / Published on Tuesday, 27 Mar 2018

de tjolomadoe

Bekas pabrik gula bernama De Tjolomadoe yang terletak di Kabupaten Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah, kini berubah fungsi menjadi sebuah gedung budaya yang megah. Di gedung ini telah digelar sebuah konser musik para penyanyi kelas dunia bertajuk “Hitman David Foster and Friends”.

Benar sekali, bintang utamanya memang adalah David Foster, komposer yang sudah dikenal karyanya di dunia. Sementara itu beberapa penyanyi lain yang turut memeriahkan acara yang digelar pada Sabtu (24/3) tersebut adalah musisi Brian McKnight, Anggun C Sasmi, Yura Yunita, Dira Sugandi, Sandhy Sondoro, dan band IV of Spades.

Jarak Gedung Budaya De Tjolomadoe dari Bandara Internasional Adi Soemarmo Solo adalah 3,7 kilometer. Ini cukup mudah dijangkau oleh pengunjung yang berasal dari luar kota seperti Jakarta atau Bandung dan Surabaya.

Pabrik Gula Tjolomadoe (PG Tjolomadoe) ini pertama kali berdiri tahun 1861. Tokoh yang berjasa dalam pendirian pabrik yang luas bangunannya mencapai 1,3 hektare ini adalah Mangkunegaran ke-IV.

Pabrik gula tersebut sempat berganti kepemilikan, sebelum akhirnya berhenti beroperasi pada tahun 1998.

Beberapa tahun terbengkalai, akhirnya PG De Tjolomadoe direvitalisasi tahun 2017 serta mulai dibuka untuk umum mulai 24 Maret 2018.

Tidak banyak perombakan yang dilakukan pada gedung utamanya yang sudah sangat tua dan bersejarah. Mesin-mesin pabrik gula masih tampak di ruangan dengan kondisi sudah dicat ulang dan terlihat mirip museum.

Concert hall megah yang dipakai untuk konser kelas dunia adalah gedung stasiun masakan yang dialihfungsikan.

Rencananya, Gedung budaya De Tjolomadoe akan segera diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo 29 Maret mendatang.

Kapasitas ruangan konser adalah 3.000 orang, sementara ruang MICE berkapasitas 1.000 orang. Ada pula bagian food court dan stand kerajinan tangan.

 

Komentar Anda