Scroll to Top

Trending Topic Twitter Dikuasai SOPA Blackout Day

By Ibnu Azis / Published on Wednesday, 18 Jan 2012

SOPA Blackout Day

Hari ini serempak perusahaan teknologi Amerika Serikat sepakat untuk melakukan aksi ‘mogok’ terhadap rancangan undang-undang Stop Online Piracy Act (SOPA). Gerakan ini kemudian dikenal dengan nama SOPA Blackout Day. Seperti apa?

Trending topic about SOPATrending topic yang beredar malam ini hampir dikuasai topic seputar SOPA Blackout Day. Ini terlihat dari beberapa topik seperti #FactWithoutWikipedia, End Piracy, dan Not Liberty. Sebelumnya muncul beberapa topik yang kemudian tenggelam. Seperti #StopSOPA, Imagine A World Without Free Knowledge.

Seperti diberitakan sebelumnya, jika Pemerintah Amerika Serikat sedang menggodok rancangan UU tentang SOPA dan PIPA. Dua UU ini diyakini akan membatasi kebebasan konten dan berkespresi di internet dengan dalih memberantas pembajakan.

Tidak sedikit situs-situs besar yang menolak aksi UU tersebut. Sebut saja Wikipedia yang paling garang menunjukkan sikapnya, atau WordPress yang beberapa waktu lalu mengubah tampilan landing page-nya dengan warna serba hitam.

UU SOPA dan PIPA diyakini bakal memengaruhi aktivitas komunitas daring di Indonesia. Meskipun UU ini diberlakukan nantinya hanya di kawasan Amerika Serikat.

Apabila Anda membuka laman Google maka akan mendapati sebuah tautan yang bertuliskan ‘Tell Congress: Please Don’t Cencor The Web’. Dan apabila tautan tersebut Anda klik, maka akan menuju pada laman pernyataan protes Google terhadap UU tersebut.

Aksi SOPA Blackout Day ini ternyata tidak didukung penuh oleh situs-situs besar. Terbukti dari pernyataan Dick Costolo, CEO Twitter, yang mengatakan jika aksi Wikipedia dan kawan-kawan adalah tindakan konyol semata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda