Scroll to Top

Ini Tujuan Awal Dibuatnya Kantong Kecil di Saku Jeans

By C Novita / Published on Saturday, 07 Apr 2018

kantung celana jeans

Celana jeans hampir semua memiliki sebuah kantong kecil terselip dalam saku sebelah kanannya, tepat di bagian bawah garis pinggang. Ternyata, ada tujuan tersendiri desain ini dulu dipilih dan masih digunakan hingga kini.

Walau Anda sendiri mungkin tak pernah memanfaatkan kantung kecil ini, namun tak ada salahnya mengetahui apa sebenarnya fungsi awal celana denim dirancangnya sedemikian.

Menurut Tracey Panek, sejarawan Levi Strauss & Co, kantung kecil itu dulunya dipakai untuk meletakkan jam saku.

“Saku jam adalah fitur dari overall pinggang pertama kami. Ini adalah elemen asli dari celana blue jeans yang dipertahankan untuk menjaga integritas desain awal,” kata Tracey Panek.

Perlu diketahui, jam yang dulu digunakan adalah jam saku berbentuk bulat kecil, sehingga rentan jatuh jika seseorang sedang bekerja.

Karena hal itu, maka desainer awal Levi Strauss & Co merancang kantung kecil di celana jeans produksi mereka. Nama desainernya adalah Strauss dan JW Davis.

Dilansir laman Business Insider desain tersebut dinamakan “Improvement in Fastening Pocket Openings” dan telah dipatenkan 20 Mei 1873. Secara massal, desain itu diterapkan sejak 1890 untuk “Lot 501″.

Saat ini walau tren jam saku telah menghilang, namun desain kantong kecil di dalam saku kanan celana jeans masih terus dipakai. Anda bisa menggunakannya untuk menyimpan barang berharga berbentuk kecil seperti cincin, emas, koin, atau kunci.

 

Komentar Anda