Scroll to Top

Facebook Bekuk Kelompok Hacker ‘KoobFace’

By Ibnu Azis / Published on Thursday, 19 Jan 2012

KoobFace

Kelompok geng hacker berbahaya yang konon dikenal dengan sebutan KoobFace telah berhasil dibekuk oleh Facebook. Geng hacker ini diamini sebagai pihak yang bertanggungjawab dibalik serangan software berbahaya.

KoobFace juga dituntut sebagai otak dibalik rusak serta jebolnya ratusan ribu komputer pengguna Facebook yang berhasil mereka retas. Seperti apa?

Facebook bersama tim independen meraka secara bersama berhasil mengidentifikasi kelompok ini. Diduga kelompok KoobFace beroperasi secara terbuka di Kota St. Petersburg.

Menurut perusahaan keamanan Inggris yang terlibat dalam kerjasama ini, geng hacker KoobFace hidup dalam kemewahan dan kekayaan. Di profil jejaring mereka sendiri, lima orang ini bergaya hidup mewah dengan berlibur di tempat-tempat terkenal.

Sejatinya Facebook telah berhasil mengenal mereka pada beberapa waktu yang lalu. Namun hukum yang tidak menjamah geng KoobFace memaksa Facebook untuk bertindak.

Facebook mengambil langkah tepat dengan memublikasikan mereka di media. Dan bahkan sejak Maret tahun lalu, Facebook berhasil mengusir worm Koobface yang tengah menginfeksi para pengguna Facebook.

“Mereka patut waspada. Karena kami (Facebook) telah memegang identitas dari mereka masing-masing. Identitas ini asli dan bukan rekanan. Segera akan kami publikasikan dan mereka akan dapat diringkus pihak berwenang,” papar salah satu kepala keamanan Facebook pada Telegraph dan dikutip SidomiNews.

Software Worm KoobFace memiliki ciri menyebar pada pesan instan palsu. Virus yang mulai muncul pada tahun 2008 ini lihai mengecoh pengguna. Ia akan mengarahkan untuk memerbaruhi perangkat lunak Adobe Flash.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda