Scroll to Top

Juan Jesus: Roma Beri Pelajaran Taktik Pada Barcelona

By Wan Faizal / Published on Thursday, 12 Apr 2018

Roma-Barcellona

Kemenangan bersejarah diraih AS Roma ketika bisa menyingkirkan Barcelona di babak perempat final Liga Champions. Menurut Juan Jesus, salah satu bek Roma yang bermain di laga tersebut, Barcelona harusnya bisa belajar banyak karena mereka mendapatkan pelajaran penting dari Roma dalam hal taktik bermain.

Roma memang bermain dengan dua formasi berbeda kala bertemu dengan Barcelona di dua laga perempat final ini. Pada laga pertama di Camp Nou, mereka memainkan formasi yang biasa mereka pakai yakni 4-3-3. Roma bisa memberikan banyak kesulitan pada Barcelona namun mereka tidak beruntung karena harus kalah 4-1.

Di laga kedua di Olimpico, Roma bermain dengan formasi berbeda yakni 3-5-2 atau bisa bertransformasi menjadi 3-4-2-1. Dengan skema tersebut, Roma berhasil mengunci permainan Barcelona dan hasilnya mereka menang 3-0 untuk lolos ke semifinal dengan keunggulan gol tandang.

“Banyak yang tidak percaya namun saya selalu percaya. Jika kita lihat di laga pertama, kami bisa bermain bagus dan memberikan banyak masalah pada mereka. Dengan segala hormat pada Barcelona, kami telah memberikan mereka pemahaman baru soal taktik bermain,” terang bek asal Brazil itu.

“Pelatih (Eusebio Di Francesco) juga bekerja sangat bagus. Kami hanya punya persiapan dua hari sejak laga melawan Fiorentina dan kami paham akan sulit menjalankan misi ini. Pada hari Senin, pelatih berkata bahwa ia akan mengubah formasi dengan menggunakan tiga bek. Saya langsung bersiap diri dan memberikan segalanya di lapangan, termasuk menghentikan Lionel Messi yang kita tahu adalah pemain terbaik dunia.”

Roma kini bersanding dengan Real Madrid, Bayern Munchen, dan Liverpool di fase semifinal. Siapa pun lawan yang didapat, sudah pasti Roma akan kembali memeras keringat jika ingin lolos ke final nanti.

Komentar Anda