Scroll to Top

Facebook Gusur Kedigdayaan Orkut di Brazil

By Ibnu Azis / Published on Thursday, 19 Jan 2012

facebook vs orkut

Di pelbagai belahan dunia, Facebook boleh berjaya. Jejaring sosial yang konon akan mencapai 1 milyar pengguna Agustus nanti ini, ternyata tidak populer di negeri Samba, Brazil.

Namun menurut laporan terbaru dari comScore, Facebook berhasil menggusur kedigdayaan Orkut yang telah lama menggeliat di negeri sepakbola tersebut.

Tahun lalu adalah tahun yang menandai Facebook untuk bangkit di Brazil. Sebagaimana diketahui di ranah jajahan Portugis ini yang berkuasa adalah Orkut.

Tetapi menurut laporan terbaru dari comScore, sebuah perusahaan pengukuran daring, geliat Facebook pada bulan Desember 2011 telah mampu menarik 36,1 juta pengunjung.

Angka ini berarti peningkatan sebanyak 192 persen dari tahun sebelumnya. Dan menjadi penanda terjungkalnya Orkut yang hanya menerima 34,4 juta kunjungan pada bulan yang sama.

Facebook yang kini memiliki 850 juta pengguna, ternyata bukan menjadi primadona di enam negara. Sebut saja Rusia, Polandia, Jepang, China, Korea Selatan, Vietnam, dan termasuk Brazil.

“Pertumbuhan cepat Facebook di Brazil adalah salah satu cerita menarik selama tahun 2011. Brasil selalu menjadi pasar yang sangat sosial dan saat ini memiliki populasi terbesar kelima jejaring sosial di dunia. Tapi meskipun afinitas budaya untuk media sosial, adopsi Facebook telah secara tradisional tertinggal di pasar,” papar Alex Bank Managing Director comScore Brazil pada Telegraph dan dikutip SidomiNews.

Pergesaran kekuasaan dari Orkut ke Facebook sangat menarik untuk disimak. Mengingat Orkut adalah produk dari Google. Dan Google sendiri tengah berjuang mengupayakan Google + untuk menjadi raja di jejaring sosial.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda