Scroll to Top

Inilah Tim Terbaik UEFA Versi Pengguna Internet

By Fitra Firdaus / Published on Thursday, 19 Jan 2012

4,5 juta pengguna internet telah melakukan voting di situs resmi UEFA untuk menentukan 11 pemain terbaik tahun lalu. Hasilnya, seperti yang sudah-sudah, Real Madrid dan Barcelona mendominasi. Ada lima pemain El Barca dan 3 pemain Madrid untuk tim terbaik ini.

Barcelona (1)

Posisi kiper, tidak terbantahkan lagi menjadi milik Iker Casillas. Kapten Real Madrid bahkan layak dijuluki sebagai kiper terbaik dunia dalam tahun-tahun terakhir. Casillas sendiri menyingkirkan deputinya di timnas Spanyol plus sang rival, Victor Valdes .

Posisi empat bek diisi oleh Daniel Alves (Barcelona), Gerard Piqué (Barcelona), Thiago Silva (AC Milan), dan Marcelo (Real Madrid). Kecepatan Dani Alves dan Marcelo di posisi bek sayap, akan diimbangi dengan kekokohan Pique-Thiago Silva. Musim lalu, Thiago Silva bermain 42 kali di semua kompetisi, sementara dalam setengah tahun ini sang bek Brazil tampil 23 kali.

Lini tengah tampak lebih variatif. Xavi Hernandez diplot sebagai gelandang tengah. Di posisi gelandang kiri, ada Gareth Bale (Tottenham Hotspur). Sebagai penyeimbang kecepatan Bale, Arjen Robben (Bayern Muenchen) si manusia kaca diletakkan di posisi gelandang kanan. Formasi 4 gelandang ditutup oleh gelandang serang Andres Iniesta (Barcelona).

Posisi penyerang dimiliki oleh dua pemain terbaik dunia saat ini, Lionel Messi (Barcelona) dan Cristiano Ronaldo (Real Madrid).

Pelatih tim impian ini, siapa lagi kalau bukan Josep Guardiola. Hanya kekalahan dari Jose Mourinho di Copa del Rey musim lalu saja yang membuat Pep gagal mengulang prestasi sempurna pada awal kariernya, musim 2008/2009.

Yang menarik, khusus Barcelona, ini adalah kali kesepuluh dalam 11 tahun terakhir, pemain mereka masuk dalam daftar 11 pemain terbaik UEFA setiap tahunnya. El Barca hanya gagal memasukkan nama pemainnya pada tahun 2003. Bahkan, dalam tiga tahun terakhir, minimal 5 pemain Barcelona yang dianggap terbaik oleh pengguna internet.

Khusus Xavi Hernandez dan Lionel Messi, masuk ke UEFA Team of The Year bukanlah hal baru. Mereka sudah melakukannya empat tahun berturut-turut sejak tahun 2008.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda