Scroll to Top

Walau Tak Punya 7 Organ Tubuh Ini Manusia Bisa Tetap Hidup Lho

By C Novita / Published on Monday, 16 Apr 2018

gejala-awal-gagal-ginjal

Manusia dapat tetap hidup walau harus kehilangan tujuh organ tubuhnya. Kemampuan itu membuat manusia tergolong sebagai makhluk hidup yang kuat serta bisa bertahan hidup dalam situasi yang sulit.

Berikut ini tujuh organ tubuh tersebut, seperti dilansir laman indy100.com:

Limpa

Organ ini berada di perut sebelah kiri atas dekat rusuk bawah. Fungsinya adalah tempat mendaur ulang sel darah merah, serta menjadi lokasi penyimpanan sel-sel darah putih dan trombosit. Jika limpa rusak maka fungsi itu bisa dikerjakan oleh hati dan jaringan limfoid.

Lambung

Organ pencernaan ini jika harus diangkat maka dokter akan memasang esofagus ke usus kecil, sehingga fungsi cerna berjalan baik. Kasusnya pernah dialami oleh seorang wanita di Inggris.

Organ reproduksi

Misalnya testis pada pria dan indung telur pada wanita. Manusia bisa tetap hidup sehat walau tanpa kedua organ tersebut.

Usus besar

Jika usus besar harus diangkat karena kanker, maka seseorang masih bisa hidup walau mengalami perubahan kebiasaan BAB dan pola makan. Usus besar berfungsi untuk menyerap air dan memadatkan sisa makanan.

Kantung empedu

Organ ini berfungsi untuk menyimpan bilirubin pemecah lemak. Bila tak ada organ ini pun manusia dapat tetap hidup.

Usus buntu

Usus buntu atau apendiks malahan perlu dibuang jika terjadi peradangan di dalamnya. Organ ini adalah rumah bagi bakteri baik.

Ginjal

Manusia punya dua buah ginjal, yang fungsinya untuk membersihkan darah dari racun dan kotoran. Jika harus diambil salah satu ginjalnya, ia masih tetap bisa hidup asal dengan pola hidup yang lebih sehat.

Jika kedua ginjalnya rusak, seseorang tetap bisa hidup dengan melakukan cuci darah rutin atau dialisis.

 

 

Komentar Anda