Scroll to Top

Bunga Edelweis Makin Langka, 2 Desa di Bromo Mulai Menanamnya Lagi

By C Novita / Published on Tuesday, 17 Apr 2018

edelweis

Bunga Edelweis kerap disebut juga bunga abadi, padahal sejatinya keberadaan bunga berwarna putih kusam itu kini sudah makin langka. Untuk kembali memperbanyak jumlahnya, Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) telah membuat program desa wisata yang jadi lokasi perkembang biakkan bunga tersebut.

Program Desa Wisata Bunga Edelweis (Anaphalis javanica) itu diadakan di Desa Ngadisari, Kabupaten Probolinggo Jawa Timur dan Desa Wonokitri, Kabupaten Pasuruan Jawa Timur.

Bunga Edelweis sendiri hanya bisa hidup dengan baik di dataran tinggi, seperti pada wilayah Gunung Bromo yang berada di ketinggian 2.329 mdpl.

Keberadaannya menjadi langka karena banyak diambil oleh pengunjung dan pendaki Gunung Bromo sebagai suvenir. Bunga ini diyakini jadi lambang cinta sejati, karena untuk mengambilnya perlu perjuangan mendaki gunung tersebut.

Warga sekitar pun sebelumnya sering mengambil di alam dan menjualnya kepada pengunjung, sehingga keterlibatan mereka dibutuhkan dalam program melestarikan fauna ini.

“Pengembangan ini juga bertujuan meningkatkan dukungan masyarakat sekitar akan pelestarian Bunga Edelweis,” ungkap John Kennedie, Kepala Balai Besar TNBTS.

Menurut Kennedie, pihaknya juga mengajak komunitas Bromo Lovers yang sudah konsisten menjaga kelestarian Bunga Edelweis di kawasan wisata internasional tersebut.

Sebanyak 3.000 bibit bunga telah siap tanam di Desa Wonokitri, sedang di Desa Ngadisari, siap 6.000 bibit bunga yang disemai dari biji bunga yang telah kering.

“Ide itu berawal dari peristiwa kebakaran tahun lalu dan erupsi Bromo, di mana banyak tanaman Bunga Edelweis yang mati,” kisah Kennedi.

Warga pun mulai melakukan pembibitan di masing-masing rumah, kemudian menanam di lokasi kebakaran. Akhirnya hal itupun menjadi ide awal dibuatnya rencana Desa Wisata Bunga Edelweis.

Kelak jika dua desa tersebut sudah sukses mengembangbiakkan wisata bunga Edelweis, diharap pengunjung juga akan mau berkunjung ke sana.

 

 

Komentar Anda