Scroll to Top

7 Mitos Tentang Daun Pandan yang Tak Perlu Dipercaya

By C Novita / Published on Tuesday, 17 Apr 2018

daun pandan

Daun pandan adalah salah satu herbal yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Tidak saja untuk memasak, namun juga untuk merawat kecantikan dan kesehatan tubuh. Tak heran jika ada banyak mitos yang beredar dan dipercaya oleh masyarakat mengenai daun yang beraroma wangi itu.

Bisa jadi Anda termasuk salah satu yang meyakini mitos tentang daun panda, dan kerap menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Untuk itu perlu lho diketahui apa saja mitos daun pandan yang tak perlu dipercaya. Berikut ini tujuh diantaranya seperti dilansir laman viva.co.id:

Bisa menurunkan demam

Menurut pakar gizi klinis, Dr Juwalita Surapsari, MGizi, SpGK, tidak benar jika daun panda bisa menurunkan demam. Kecuali jika seseorang minum banyak air rebusan yang diberi daun pandan lalu dikompres dengan air hangat, namun itu tidak karena daun pandannya melainkan karena airnya.

Penyegar napas

Walau memiliki aroma wangi namun daun pandan tak bisa membuat napas menjadi wangi dan segar.

Sembuhkan luka bakar

Jika ada yang menyebut bahwa daun itu bisa untuk menyembuhkan luka bakar dengan cara dihaluskan lalu ditempel ke kulit yang sakit, maka itu tak benar. Luka bakar malah harus steril dan tak boleh diberi sembarang obat apalagi yang tidak steril.

Jadi obat penenang

“Tidak ada kandungan yang menenangkan atau sedatif dalam daun pandan meskipun baunya harum,” kata Dr Juwalita dalam acara Ayo Hidup Sehat di TV One.

Menurunkan kolesterol dan tekanan darah

Ini juga tak benar, karena tidak ada zat dalam daun pandan yang berfungsi untuk menurunkan kolesterol atau tekanan darah.

Obat ketombe

“Pandan memang punya zat anti jamur, tapi sampai sekarang belum ada penelitian yang direkomendasikan,” kata dia lagi. Jadi belum terbukti bahwa pandan bisa menyembuhkan ketombe.

Cegah kanker

Ada antioksidan dalam daun pandan itu memang benar. Namun banyak faktor yang dapat mencegah kanker, tidak saja antioksidan.

 

 

Tagged as:

Komentar Anda