Scroll to Top

Wanita Lebih Sering Alami Sindrom Mata Kering, Ini Sebabnya

By C Novita / Published on Monday, 23 Apr 2018

mata kering

Wanita lebih mungkin mengalami sindrom mata kering dibanding pria. Bahkan menurut Survei dari RS JEC@Kedoya, 60 persen pasien mereka adalah kaum wanita. Hal ini dipicu oleh perbedaan kadar hormonal wanita dan pria.

“Hal itu disebabkan oleh hormon estrogen dan androgen yang menurun saat menopause terjadi,” kata Dokter Spesialis Mata RS Mata JEC, dr. Nina Asrini Noor SpM., di Jakarta.

Adanya hormon estrogen serta androgen itu berperan penting pada pengaturan keseimbangan produksi air mata. Tak heran saat wanita mulai memasuki usia menopause dan kadar hormon itu menurun maka masalah mata rentan datang.

Sindrom mata kering terjadi dengan gejala mata sering merah, terasa mengganjal, juga mata sering berair. Hal ini dimulai saat komposisi air mata tak seimbang, atau kurang.

Penderitanya merasa sangat terganggu sehingga sejak awal gejala biasanya sudah memeriksakan diri. Dengan begitu proses penyembuhan bisa berjalan dengan lebih baik.

“Komposisi air mata yang tidak seimbang, membuat ada yang produksinya berlebihan atau berkurang. Makanya, terkadang ada yang matanya sangat berair namun itu adalah tanda mata sedang mengalami kekeringan,” jelas dr Nina lagi seperti dilansir laman viva.co.id.

Kotoran mata yang berlebihan juga tanda awal sindrom mata kering. Mata akan terasa lengket akibat banyaknya kotoran tersebut. Pandangan terhalang, serta tidak fokus. Orang akan lebih sering berkedip karenanya.

Segeralah menghubungi pihak medis jika merasa indera penglihatan terganggu oleh sindrom mata kering,

 

 

Komentar Anda