Scroll to Top

Sering Diremehkan, Manfaat Kacang Hijau Bisa Bikin Heran

By C Novita / Published on Friday, 27 Apr 2018

sari kacang hijau

Kacang hijau dapat diperoleh dengan harga yang murah meriah, namun cita rasanya tak diragukan lagi lezatnya. Hidangan ini kerap dibagikan secara gratis di Posyandu atau Puskesmas saat penimbangan balita rutin.

Walau sering diremehkan karena harga yang murah tersebut, namun jangan ditanya lagi apa manfaat yang dikandung oleh tumbuhan polong-polongan ini.

Ada kandungan protein nabati yang tinggi di dalam kacang hijau serta beberapa jenis mineral dan vitamin penting. Belum lagi kalsium dan fosfor dalam kacang hijau yang berfungsi memperkuat tulang.

Menegaskan hal itu, nutrisionis Alvin Hartanto mengungkap bahwa kacang hijau juga mengandung nutrisi yang membantu meregenerasi sel sehingga proses penuaan dini bisa berjalan lebih lambat.

Ditambah dengan adanya serat yang tinggi dalam tiap butirnya, maka kacang hijau juga membantu menyehatkan pencernaan.

“Kandungan vitamin A nya itu membantu meregenerasi sel-sel tubuh yang rusak. Selain itu, kacang hijau juga mengandung banyak serat. Nah, serat ini ibaratnya sebagai sikat gigi yang baik untuk membersihkan sistem pencernaan kita,” ungkap Alvin Hartanto, seperti dilansir okezone.com.

Jika dikonsumsi untuk sarapan pagi, hidangan ini baik sekali karena alasan kelengkapan nutrisinya tersebut. Jadi anak-anak yang enggan makan nasi, atau Anda yang sulit makan menu berat untuk sarapan disarankan mencoba menu sarapan dengan bubur kacang hijau saja. Lezat dan bergizi tinggi untuk kesehatan tubuh.

 

 

Komentar Anda