Scroll to Top

Atasi Insomnia dengan 8 Minuman Ini Yuk

By C Novita / Published on Sunday, 29 Apr 2018

minum teh

Walau tampak sepele namun penyakit susah tidur atau insomnia dapat merembet menjadi masalah kesehatan yang lebih besar. Umumnya orang mengalami sulit tidur akibat kecemasan, stres, depresi, dan sebab lain di luar itu misalnya penggunaan gadget berlebihan.

Sebelum bertambah parah, yuk atasi insomnia sedini mungkin dengan mengonsumsi minuman berikut ini sebelum Anda beranjak ke pembaringan, seperti dilansir laman Boldsky:

Teh chamomile

Teh ini terbuat dari bunga chamomile yang wangi dan berkhasiat. Idealnya diminum setengah jam sebelum tidur agar dapat menciptakan situasi relaksasi yang membuat Anda ngantuk. Ada zat anti inflamasi dalam teh ini yang bermanfaat untuk meredakan peradangan dalam tubuh serta menurunkan hormon stres.

Kunyit

Sari kunyit yang diseduh air panas juga membantu proses relaksasi agar Anda bisa tidur nyenyak. Minuman ini pun bermanfaat menyembuhkan peradangan, menurunkan kadar gula darah, juga detoksifikasi. Tambahkan sari kunyit dengan susu hangat dan minum 30 menit sebelum masa tidur.

Valerian root tea (teh akar valerian)

Tanaman ini menjadi bahan dari obat penenang, sebab salah satu khasiatnya adalah menenangkan dan anti kecemasan. Terdapat zat linarian di dalamnya yang memberikan manfaat menghilangkan insomnia.

Lemon balm tea (teh lemon balm)

Manfaat dari konsumsi teh lemon balm hangat adalah menurunkan stres, hilangkan gangguan pencernaan, kecemasan, dan membantu tidur lebih nyenyak.

Teh jeruk nipis

Anda bisa memberi perasan jeruk nipis ke dalam segelas teh hangat ditambah madu, untuk memberi manfaat relaksasi, menurunkan kecemasan, hilangkan stres dan detoksifikasi racun dalam tubuh.

Teh lavender

Aroma wanginya menyenangkan dan jadi terapi insomnia, untuk membuat Anda lebih tenang, nyaman dan rileks. Teh ini bermanfaat meringankan efek bronkitis, asma dan hidung tersumbat akibat flu.

Teh pisang

Terbuat dari seduhan kulit pisang yang ternyata kaya akan potasium dan magnesium. Dua zat ini juga bermanfaat untuk menenangkan dan menimbulkan kantuk.

Teh kayu manis

Seduh satu atau dua batang kecil kayu manis, beri tambahan susu hangat atau madu dan nikmati sensasi sedapnya. Ia bisa menstabilkan gula darah, menurunkan kolesterol, membantu sistem kekebalan tubuh, memperbaiki pencernaan, serta membuat Anda lebih mudah ngantuk.

 

 

Komentar Anda