Scroll to Top

Brazil Tuan Rumah Copa America 2019, Jepang & Qatar Ikut Tampil

By vratislav / Published on Saturday, 05 May 2018

Copa America Akan Digelar Bareng Dengan Euro Mulai Tahun 2020!

Copa America 2019 akan digelar di Brazil pada 14 Juni hingga 7 Juli mendatang. Dalam turnamen antar negara-negara Amerika Selatan (CONMEBOL) ini, 10 negara di konfederasi tersebut akan bertarung dengan dua negara tamu, Jepang dan Qatar.

Awalnya, Copa America 2019 diharapkan akan diikuti oleh 16 negara peserta, mengulangi kesuksesan gelaran Copa America Centenario. Bahkan beberapa negara Eropa diklaim akan tampil di turnamen ini, seperti Portugal dan Spanyol.

Namun, CONMEBOL pada Jumat (4/5) lalu mengumumkan, Copa America tahun depan tetap akan diisi oleh 12 negara peserta saja. Dengan demikian, 10 negara Amerika Selatan akan ditambah dengan 2 tim asal Asia (AFC), Jepang dan Qatar.

“Ini akan menjadi kompetisi yang menarik, tempat siapapun bisa merebut gelar.”

“Selain partisipasi tim nasional dari 10 asosiasi anggota kami (CONMEBOL), kami menyambut kembali kedatangan timnas Jepang, yang memiliki hubungan dekat dengan kami.”

“Di samping Jepang, untuk pertama kalinya kami akan melihat partisipasi Qatar (di Copa America),” tutur presiden CONMEBOL, Alejandro Dominguez dikutip dari laman soccerway.

Bagi Jepang, ini adalah pertama kalinya mereka diundang kembali ke Copa America setelah edisi tahun 1999. Kala itu, Samurai Biru langsung rontok di babak penyisihan.

Hasil Final Copa America 2016 Argentina vs Chile 5

Sementara itu, Qatar yang merupakan tuan rumah Piala Dunia 2022, untuk pertama kalinya akan turun di Copa America. Ini bisa menjadi promosi menarik pula untuk kedua belah pihak. Copa America akan mendapatkan pantauan dari Timur Tengah, sementara seluruh dunia akan melihat perkembangan Qatar di Copa America tahun depan.

Dalam dua edisi terakhir, Copa America selalu dimenangi oleh Chile. Pada tahun 2015 dan pada edisi khusus 100 tahun pada 2016, La Roja mengalahkan Argentina yang diperkuat Lionel Messi.

Komentar Anda