Scroll to Top

Hasil Drawing Piala Asia 2019: Jepang di Grup F, Thailand Grup A

By Fitra Firdaus / Published on Saturday, 05 May 2018

Hasil Drawing Piala Asia 2019 2

Hasil drawing Piala Asia 2019 yang digelar pada Jumat, 4 Mei 2018 lalu memastikan tim terkuat Jepang ada di Grup F. Sementara itu, dua wakil Asia Tenggara, Thailand dan Filipina, terpisah di Grup A dan Grup C.

Piala Asia 2019 yang digelar di Uni Emirat Arab akan menjadi Piala Asia pertama yang menampilkan 24 tim di putaran final. Hingga gelaran tiga tahun lalu, Piala Asia masih hanya menampilkan 16 tim yang terbagi ke dalam empat grup.

Kini, 24 tim yang bertarung akan terbagi ke dalam enam grup. Model turnamen pun mirip dengan Euro 2016 lalu. Ada 16 tim yang berhak lolos ke babak sistem gugur. Mereka adalah juara dan runner-up masing-masing grup, dan empat tim peringkat ketiga terbaik.

Juara bertahan Piala Asia, Australia, akan memulai perjalanan mereka di babak penyisihan grup B. Di sana mereka akan bertempur dengan keroyokan tiga tim Asia Barat. Ada Suriah, Palestina, dan Yordania.

Laga Australia melawan Suriah akan menjadi ulangan babak play-off zona Asia Piala Dunia 2018 lalu. Ketika itu, Socceroos mampu menyingkirkan Suriah yang muncul sebagai kuda hitam. Kali ini situasi bisa sama sekali berbeda.

Sementara itu Jepang yang sudah mengoleksi empat mahkota Piala Asia, akan berada di grup terakhir, Grup F. Di sana, Samurai Biru akan menghadapi tiga tim: Uzbekistan, Oman, dan Turkmenistan.

Hasil Drawing Piala Asia 2019 Jepang di Grup F, Thailand Grup A

Ada dua wakil Asia Tenggara yang tampil di Piala Asia 2019. Yang pertama adalah Thailand yang berada di Grup A bersama tuan rumah Uni Emirat Arab, lalu ada India dan Bahrain. Sementara itu Filipina ada di Grup C bersama Korea Selatan, Cina, dan Kirgistan.

Indonesia tidak akan tampil di Piala Asia kali ini karena mereka tidak terlibat kualifikasi, menyusul sanksi FIFA yang pernah diberikan. Piala Asia 2019 sendiri akan digelar pada 5 Januari hingga 1 Februari tahun tersebut.

Berikut hasil undian babak penyisihan grup Piala Asia 2019.

Grup A: UEA, Thailand, India, Bahrain

Grup B: Australia, Suriah, Palestina, Yordania

Grup C: Korea Selatan, Cina, Kyrgyzstan, Filipina

Grup D: Iran, Irak, Vietnam, Yaman

Grup E: Arab Saudi, Qatar, Lebanon, Korea Utara

Grup F: Jepang, Uzbekistan, Oman, Turkmenistan

Komentar Anda