Scroll to Top

Sedang Sedih, Hindari Facebook-kan

By Ibnu Azis / Published on Thursday, 19 Jan 2012

Facebook sedang galau

Media sosial khususnya Facebook, kini menjadi alat ampuh untuk segala aktivitas. Mulai sarana pembunuh waktu, mencari teman, hingga ajang promosi. Facebook dan Twitter siap sedia setiap saat untuk dijadikan media andalan.

Namun jika Anda sedang sedih, alangkah baiknya untuk hindari Facebook saat sedang sedih. Mengapa?

Sebuah penelitian baru-baru ini tengah dilakukan, bilamana suasana hati sedang sedih ataupun galau, semakin lama waktu yang dihabiskan untuk bermain Facebook maka perasaan diri sendiri akan semakin menurun.

Apabila kita melihat foto-foto teman di Facebook, dan berlama-lama memerhatikan foto tersebut, maka kita akan merasa bahwa orang lain memeiliki kehidupan yang lebih baik serta menyenangkan.

“Foto-foto teman yang baik dan menyenangkan, misalnya sedang tersenyum atau tertawa, akan membawa pesan kurang baik bagi orang lain,” demikian tutur Utah Valley University sebagai pihak peneliti, sebagaimana dilaporkan Kompas dan dikutip SidomiNews.

Utah Valley University telah melakukan sample pada 425 responden yang rata-rata dari mereka menggunakan Facebook hingga 5 jam di setiap minggu. Dan hasilnya 95 persen dari mereka mengalami situasi yang demikian.

“Milihat pelbagai foto-foto yang sedang bahagia akan memberikan imbas pada diri sendiri jika mereka memiliki kehidupan yang lebih baik,” papar pemimpin studi ini, Hui-Tzu Grace Chou.

Walaupun pengguna tersebut mengetahui jika sesungguhnya teman mereka juga memiliki masa-masa susah dan sedih, tapi foto-foto tersebut seringkali dijadikan foto profil yang bakal meruntuhkan serta memutarbalikkan persepsi tentang mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda