Scroll to Top

Pesawat Komersil Gunakan Biofuel

By Dainul Arief / Published on Tuesday, 28 Jun 2011

biofuelSejumlah pesawat penumpang komersial akan mulai memakai biofuel atau bahan bakar organik dalam beberapa bulan mendatang, setelah industri penerbangan dianggap sebagai peyumbang polusi global terbesar.

Perusahaan penerbangan Belanda KLM, telah mengumumkan rencana untuk lebih dari 200 penerbangan antara Amsterdam dan Paris menggunakan bahan bakar 50% Bio-Kerosin, rencana ini akan direalisasikan mulai September mendatang.

Minggu ini komisi Eropa, perusahaan perusahaan penerbangan, dan perusahaan penghasil bahan bakar memasang target produksi 2 juta ton demi mendukung produksi biofuel untuk pesawat sampai tahun 2020.

Perusahaan pesawat pembuat Boeing dan pabrik sparepart Honeywell telah menerbangkan pesawat pesawat untuk Paris Air Show menggunakan campuran biofuel dan bahan bakar jet konvensional.

Penumpang dalam pesawat hampir tidak akan merasakan perbedaan seperti halnya saat menggunakan bahan bakar tradisional biasa. “Pilot memberi tahu saya bahwa tidak ada perubahan dalam performa pesawat” tutur Jim Pekoske, VP Honeywell. “Yang berbeda hanyalah pesawat ini terbang dengan biofuel yang lebih sedikit dibandingkan bahan bakar tradisional, sekitar 20 galon”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda