Scroll to Top

Museum Rhoma Irama Akan Dibangun di Surabaya

By Aditya / Published on Thursday, 19 Jan 2012

Rhoma Irama memang sudah menjadi orang nomor satu di ranah musik dangdut Indonesia. Julukan sang raja dangdut pun telah melekat pada diri musisi, aktor, sutradara, politisi, sekaligus ulama ini. Oleh lantaran itu, Soneta Fans Club Indonesia (SFCI) Jawa Timur berencana ingin mendirikan Museum Soneta sebagai wujud penghargaan untuk Rhoma Irama di jagat seni Indonesia.

Museum Soneta akan menjadi sebagai tempat untuk mengoleksi semua atribut, hasil karya, serta semua aksesoris yang pernah dipakai Rhoma Irama dan grup musik yang dipimpinnya, Soneta. Selain itu, museum yang rencananya akan dibangun di Surabaya ini juga menjadi pusat informasi tentang segala hal yang berhubungan dengan sang raja dangdut dan Soneta.

”Saat ini kami sedang mengumpulkan koleksi dan mencari benda-benda serta aksesoris lainnya yang menandakan Soneta,” kata Surya Aka Irama, Ketua SFCI Jawa Timur, di Surabaya, Rabu (18/1).

Museum Soneta diharapkan paling lama sudah berdiri pada 2015 nanti. Selama masa pembangunan museum ini, SFCI Jawa Timur akan terus berupaya mengumpulkan semua hal yang terkait dengan Rhoma Irama dan Soneta yang bakal disimpan di museum nantinya.

”Kami sangat yakin bisa mendirikan museum ini karena bekal koleksi dan benda-benda bersejarah seperti milik Bang Haji (Rhoma Irama) dan dokumentasi Soneta sudah ada,” ujar Surya Aka Irama.

Rhoma Irama sendiri dikatakan telah merestui pembangunan museum yang akan menjadi titik penting dalam sejarah hidupnya itu. Lagipula, Museum Soneta akan menjadi yang pertama dan satu-satunya di Indonesia.

“Ini satu-satunya dan merupakan kali pertama di Indonesia. Bang Haji (Rhoma Irama) sangat bangga dan mendukung sekali dengan adanya museum ini,” pungkas Surya Aka Irama yang juga menjabat sebagai Sekretaris Persatuan Artis Musik Melayu Dangdut Indonesia (PAMMI) Jawa Timur ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda